Rekam Jejak Bob Hasan, Mantan Menteri yang Pernah Dibui Nusakambangan

Jadi pebisnis kayu sekaligus nyemplung di industri media

Jakarta, IDN Times - Pengusaha sekaligus Ketua Umum PB PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Bob Hasan meninggal dunia hari ini, Selasa (31/3) pukul 11.00 WIB. Bob Hasan meninggal di usia 89 tahun.

"Telah meninggal dunia Bapak Bob Hasan karena sakit pada hari Selasa, 31 Maret 2020 Pukul 11.00. Semoga mendapatkan tempat yang terbaik disisi Tuhan. Mohon dimaafkan segala kesalahannya," ungkap mantan pemimpin redaksi majalah Gatra, Heddy Lugito dalam keterangan tertulis.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak keluarga maupun kerabatnya terkait kabar ini. Berikut perjalanan karier Bob Hasan.

1. Menjadi ketua PASI sejak masa pemerintahan Soeharto

Rekam Jejak Bob Hasan, Mantan Menteri yang Pernah Dibui NusakambanganKetua PB PASI, Muhammad Bob Hasan berbincang bincang dengan Lalu Muhammad Zohri sebelum sesi latihan lari estafet di Stadion Madya Senayan, Selasa (7/5/2019). (ANTARA/Boyke LW)

Dikutip dari cermati.com, Bob Hasan telah 42 tahun menjadi Ketua Umum PASI, tepatnya sejak masa pemerintahan Soeharto. Kecintaan Bob Hasan terhadap dunia olahraga membuatnya kerap membiayai kebutuhan asosiasi, termasuk para atlet karena minimnya dukungan dari pemerintah. Setiap tahun, pebisnis ini merogoh hingga Rp10 miliar dari kantongnya untuk membiayai asosiasi.

Biaya tersebut digunakan untuk melakukan scouting atau pencarian bakat ke seluruh Indonesia, sampai ke pelosok negeri. Talenta-talenta berbakat ini akan diberi pelatihan, biaya akomodasi, dan biaya hidup untuk pelatihan khusus di Jakarta. Hingga akhirnya menemukan Lalu Zohri yang sukses bikin bangga Indonesia.

Baca Juga: [BREAKING] Bob Hasan Meninggal Akibat Kanker Paru-paru

2. Memiliki julukan Raja Hutan Indonesia

Rekam Jejak Bob Hasan, Mantan Menteri yang Pernah Dibui NusakambanganHutan Kalimantan (IDN Times/Aldila Muharma)

Pria kelahiran Semarang tahun 1931 ini dekat dengan Soeharto. Sejak kecil, ia diasuh oleh Jenderal Gatot Subroto.

Lambat laun, Bob Hasan dan Soeharto menjadi mitra bisnis di segala bidang, termasuk di industri kayu. Begitu Soeharto menjadi Presiden pada 1966, Bob Hasan melakukan ekspansi besar-besaran untuk bisnis penerbangan komersial di Indonesia, terutama di luar Jawa. Pada 1970, Bob Hasan bertindak sebagai mitra Indonesia bagi perusahaan asing yang ingin berbisnis kayu di Tanah Air.

Baca Juga: [BREAKING] Jenazah Bob Hasan Akan Dikebumikan di Ungaran

3. Menjadi pemegang saham terbesar Georgia Pacifik

Rekam Jejak Bob Hasan, Mantan Menteri yang Pernah Dibui NusakambanganIlustrasi penurunan saham / Arief Rachmat

Selain itu, Bob Hasan merupakan pemegang saham terbesar di perusahaan Georgia Pacifik, Amerika Serikat. Ketika hengkang dari Indonesia, perusahaan peninggalan tersebut sepenuhnya menjadi milik Bob Hasan. Sejak saat itu, selain kayu, lewat perusahaan induk Kalimanis Group, ia merambah bisnis lain di industri keuangan, asuransi, otomotif, dan lainnya.

Kalimanis Group dikabarkan menguasai lebih dari 2 juta hektare (ha) lahan hutan di Kalimantan. Bob Hasan adalah pengusaha ulung di industri kayu sehingga pernah dijuluki Raja Hutan Indonesia.

4. Jadi pebisnis kayu sekaligus nyemplung di industri media

Rekam Jejak Bob Hasan, Mantan Menteri yang Pernah Dibui NusakambanganIDN Times/Dwi Agustiar

Menjadi pebisnis besar di industri kayu, Bob Hasan ditunjuk sebagai Ketua Asosiasi Panel Kayu Indonesia (APKINDO). Ia diberikan kebebasan oleh Soeharto untuk melakukan ekspor, penebangan, pemasaran, dan penetapan harga. Dari situlah, Bob Hasan kemudian menjadi salah satu pengusaha tajir di Indonesia. Namun, pada akhirnya asosiasi ini harus disetop karena krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada 1997. APKINDO akhirnya resmi dibubarkan pada 1998.

Selain bisnis kayu, Bob Hasan juga berminat di industri media. Ia mulai mendirikan Gatra pada 1994. Karena afiliasinya dengan Presiden Soeharto, majalah tersebut disulap menjadi majalah yang pro pemerintah dengan tampilan format sampul yang meniru sampul majalah TIME.

5. Mantan menteri yang pernah dipenjara di Nusa Kambangan

Rekam Jejak Bob Hasan, Mantan Menteri yang Pernah Dibui Nusakambangan(Lapas Kelas II A Pasir Putih di Nusa Kambangan) ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Bob Hasan merupakan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Soeharto (Maret-Mei 1998). Dia adalah menteri pertama berdarah Tionghoa di kabinet Soeharto.

Pada 2001, Bob Hasan menjadi tersangka korupsi penyalahgunaan kekuasaan. Ia dianggap menjadi dalang pembakaran jutaan hektar lahan di pulau Sumatera. Bob Hasan di penjara di LP Cipinang, kemudian dipindahkan ke Nusa Kambangan. Ia lantas dinyatakan bebas bersyarat pada Februari 2004.

Baca Juga: [BREAKING] Bob Hasan Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya