Comscore Tracker

Rocky Gerung: Saya Jengkel Aktivis Demokrasi Bisa Berbohong

Jadi saksi di persidangan Ratna Sarumpaet

Jakarta, IDN Times - Rocky Gerung menjadi saksi dalam sidang lanjutan Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/4).

Pada kesempatan ini Rocky mempertanyakan integritas Ratna Sarumpaet terkait penyebaran berita hoaks.

"Saya jengkel aktivis demokrasi bisa berbohong, jadi saya tagih integritasnya. Saya tekankan, apalagi terhadap pejuang demokrasi, intergritas itu harga mati. Tapi dia sudah mengaku, jadi ya sudah," ujar Rocky saat bersaksi di persidangan.

1. Rocky jengkel dengan kebohongan Ratna

Rocky Gerung: Saya Jengkel Aktivis Demokrasi Bisa BerbohongIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Dalam persidangan tersebut, Rocky mengungkap kronologis kebohongan Ratna. Dia mengetahui Ratna menjadi korban penganiayaan saat membuka WhatsApp dari Ratna pada tanggal 2 Oktober 2018. Keesokan harinya, Ratna mengaku berbohong melalui jumpa pers yang digelar di rumahnya.

"Ya tapi kan dia sudah minta maaf, sudah minta maaf ke publik. Ya sudahlah kalau sudah minta maaf. Tapi saya tetap merasa jengkel saat itu bahwa saya dibohongi," kata Rocky.

Baca Juga: Tompi Beri Kesaksian di Sidang Ratna Sarumpaet, Begini Katanya

2. Ratna membenarkan keterangan Rocky

Rocky Gerung: Saya Jengkel Aktivis Demokrasi Bisa BerbohongIDN Times/Irfan Fathurrahman

Ratna membenarkan semua keterangan yang diungkap oleh Rocky. Terkait integritas, dia membiarkan waktu yang akan membuktikan.

"Rocky ini teman dan sahabat saya. Dia satu dari ribuan aktivis yang tertipu oleh saya. Tapi soal integritas, kita tunggu saja waktu akan membuktikan ini bukan soal integritas," ungkap Ratna.

3. Rocky disebut tak benar-benar paham masalah yang dihadapi Ratna

Rocky Gerung: Saya Jengkel Aktivis Demokrasi Bisa BerbohongRatna Sarumpaet (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Menurut Ratna, Rocky tidak benar-benar tahu apa yang terjadi kepada dirinya. Jika Rocky tahu, kata Ratna, mungkin Rocky tak akan sampai dipanggil ke persidangan.

"Ya gak papa (integritas dipertanyakan), tapi waktu akan membuktikan kepada dia bahwa this is not about integrity," kata Ratna.

4. Ratna Sarumpaet terancam 15 tahun penjara

Rocky Gerung: Saya Jengkel Aktivis Demokrasi Bisa BerbohongRatna Sarumpaet (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono menyebut hukuman yang mengancam Ratna.  "Hukuman Ratna Sarumpaet 15 tahun penjara," kata Argo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (2/4).

Ratna telah mengajukan permohonan kepada Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan untuk menjadi tahanan kota. Terkait hal itu, lanjut Argo, keputusan permohonan tahanan kota merupakan wewenang dari pengadilan.
 
"Tahanan kota Ratna itu sekarang wewenang hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," jelas Argo.

Baca Juga: Sidang Ratna Sarumpaet Pagi Ini, Tompi dan Rocky Gerung Jadi Saksi

5. Ratna ditangkap atas dugaan penyebaran berita hoaks

Rocky Gerung: Saya Jengkel Aktivis Demokrasi Bisa BerbohongRatna Sarumpaet (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Polda Metro Jaya menangkap Ratna Sarumpaet di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Kamis malam, 4 Oktober 2018, atas dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks.

Ratna disangkakan dengan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 46 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Baca Juga: Kesel Rocky dan Tompi Ada di Sidang, Ratna Sarumpaet: Kami Sudah Muak

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya