Bantai Laos, Timnas U-22 Lolos ke Semifinal SEA Games 2019!

Osvaldo Haay selalu mencetak gol setiap laga

Jakarta, IDN Times - Timnas U-22 berhasil memastikan diri lolos ke semifinal SEA Games 2019 cabor sepak bola. Tiket tersebut dipastikan usai mereka berhasil meraih kemenangan sempurna pada laga terakhir Grup B atas Laos 4-0 dalam laga yang digelar pada Kamis (5/12).

Timnas U-22 menurunkan pemain yang relatif sama dalam duel ini. Mereka tetap mempertahankan komposisi serupa demi mengejar kemenangan. Hal itu ternyata berbuah hasil saat laga baru memasuki lima menit.

Saddil Ramdani membuka keunggulan skuat Garuda Muda melalui tendangan bebas yang dilepaskan tetap di luar kotak penalti Laos. Berkat gol Saddil tersebut, Timnas U-22 pun langsung unggul satu gol.

Usai unggul, Timnas U-22 sedikit mengendurkan permainan. Hal itu membuat Laos perlahan mulai bisa keluar dari tekanan. Mereka pun sesekali bisa membahayakan gawang Timnas U-22 pada pertengahan babak pertama itu.

Laos semakin leluasa mengurung pertahanan yang digalang Andy Setyo Nugroho dan kolega pada sisa waktu babak pertama. Tak jarang, Nadeo Argawinata harus berusaha untuk menghalau ancaman dari lawannya tersebut. beruntung hingga 45 menit pertama usai kedudukan 1-0 masih bertahan.

Memasuki babak kedua, Timnas U-22 langsung menggebrak. Dua menit laga baru berlangsung, penyerang tersubur asal Papua, Osvaldo Haay berhasil menggandakan keunggulan. Hal itu membuat Timnas U-22 semakin dekat dengan tiket lolos ke semifinal.

Bukan tanpa perlawanan, Laos juga sesekali bisa mencuri peluang salah satunya lewat tendangan spekulasi. Lagi-lagi, Nadeo yang tampil sigap mampu menyelamatkan bola dengan baik sehingga Timnas U-22 terhindar dari kebobolan.

Timnas U-22 malah kembali menambah keunggulan saat laga memasuki menit ke-72. Bagas Adi yang sempat gagal menendang penalti lantaran bolanya berhasil ditepis kiper Laos, berhasil kembali mencuri bola muntah dan melesakkan bola untuk membawa Timnas U-22 unggul menjadi 3-0.

Memasuki sisa waktu pertandingan babak kedua., Timnas U-22 justru kembali memperlebar jarak menjadi 4-0. Gol tersebut juga jadi terakhir dalam laga itu lantaran hingga peluit panjang dibunyikan tak ada gol tambahan terjadi.

Hasil itu membuat Timnas U-22 lolos sebagai runner up Grup B dengan torehan 12 poin. Mereka kalah dari Vietnam yang pada laga terakhir berhasil mengunci posisi pertama usai bermain imbang melawan Thailand 2-2.

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: Kenapa Medali Emas Indonesia di Cabor Dance SEA Games Tak Dihitung?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya