Wartawan IDN Times Ditendang Polisi saat Meliput Demo di Flyover Slipi

#MillennialBergerak #LawanArogansiDPR

Jakarta, IDN Times - Wartawan IDN Times, Vanny El Rahman ditendang dan dipaksa menghapus foto serta video di ponsel miliknya saat meliput aksi demonstrasi, Selasa (24/9) malam.

Kejadian bermula saat ia dan seorang rekan wartawan lain berada di flyover Slipi. Ketika itu polisi memukul mundur demonstran. Vanny mengaku melihat polisi menangkap satu orang demonstran.

"Sekitar pukul 21.40 WIB, polisi menangkap satu orang. Dia gak pakai almamater kampus, cuma jaket hitam," kata Vanny, Selasa (24/9) malam.

Polisi itu mendekap kepala demonstran sebelum memukulnya dengan tameng dari belakang.

"Gue rekam kejadian itu sekitar 15 detik, tiba-tiba ada 2 polisi datang dari kanan dan kiri gue," ujar Vanny.

Polisi yang datang dari sisi kiri menendang Vanny namun ia menahan dengan tangan kirinya. "Yang dari kanan menarik paksa ID pers gue," katanya.

Vanny sempat menjelaskan kepada polisi bahwa dirinya adalah seorang wartawan dan kantornya tidak jauh dari lokasi tersebut. Namun, polisi tidak peduli dan lantas menempeleng kepala Vanny.

Tak hanya itu, polisi tersebut menarik ID pers dan meminta Vanny menghapus video dan foto yang ada pada ponselnya. Vanny sempat menolak menghapus dan beradu mulut dengan polisi.

"Kamu gak tahu apa yang mereka (demonstran) lakukan? Kamu dikasih hati malah minta begini," kata Vanny menirukan ucapan polisi.

Ia kemudian dibawa ke bawah flyover dalam posisi tangan kanannya masih didekap oleh seorang polisi dan seorang polisi lainnya memegang baju Vanny dari belakang. Vanny yang mencoba kembali ke kantor justru diminta polisi berjalan ke arah Slipi Petamburan.

Hingga pukul 23.00 WIB, bentrok masih terjadi di di kawasan Slipi Petamburan. Berdasarkan pantauan IDN Times, bentrok terjadi antara polisi dan massa aksi yang tidak mengenakan jas alamamater universitas.

Massa yang membawa bilah-bilah kayu dan membakarnya di tengah jalan tersebut diperkirakan bukan mahasiswa. Mereka mengenakan pakaian rumah.

Ikuti terus perkembangan berita tentang aksi demonstrasi hanya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/4vBs7iwFElI

Baca Juga: Mahasiswa Rampas Tameng Polisi, Demonstran di DPR Sorak Sorai

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya