Comscore Tracker

Gelombang Kedua Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Bagi yang belum lolos bisa ikut lagi

Jakarta, IDN Times - Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran Kartu Prakerja mulai Senin (20/4) sampai Kamis (23/4) mendatang. Selain menjadi kesempatan bagi para pendaftar baru, pendaftar yang belum lolos gelombang pertama juga punya kesempatan lagi.

“Gelombang kedua dibuka sejak Senin 20 April pukul 08:00 WIB sampai dengan Kamis, 23 April pukul 16:00 WIB,” tutur Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melalui keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Pendaftaran Kartu Prakerja ini akan terus dilakukan dalam beberapa gelombang sampai dengan minggu ke-4 Bulan November 2020.

1. Ikuti yuk langkah-langkahnya

Gelombang Kedua Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Ini Cara Daftarnyawww.prakerja.go.id

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mendaftarkan diri agar memiliki Kartu Prakerja adalah dengan masuk ke laman www.prakerja.go.id dan memilih menu 'Daftar Sekarang'. Setelah memasuki laman tersebut, calon peserta diminta untuk memasukkan data diri seperti nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi.

Setelah itu perlu dilakukan konfirmasi lewat email sesuai dengan yang telah didaftarkan. Begitu konfirmasi berhasil dilakukan lewat email, calon peserta dapat kembali ke laman Kartu Prakerja dan mengikuti tahapan selanjutnya.

Selanjutnya peserta dapat masuk ke akun Prakerja masing-masing dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang telah didaftarkan. Peserta memasukkan nomor KTP dan tanggal lahir untuk dapat melanjutkan tahapan.

Data diri perlu diisi secara lengkap. Mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan juga foto selfie dengan KTP.

Setelahnya, peserta harus memasukkan nomor telepon dan kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS.

Setelah pengisian data diri, tahapan selanjutnya adalah tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini disebut akan berlangsung selama 15 menit. Peserta dipersilakan mempersiapkan alat tulis dan kertas jika dirasa perlu.

Setelah menyelesaikan tes, peserta akan diminta menunggu hingga ada email baru pemberitahuan dari Kartu Prakerja. Begitu pemberitahuan diterima via email, peserta dapat kembali ke laman dan bergabung ke gelombang pendaftaran.

Baca Juga: Pendaftaran Program Kartu Prakerja Resmi Dibuka, Simak Ketentuannya!

2. Insentif yang didapatkan dari kartu prakerja

Gelombang Kedua Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Ini Cara DaftarnyaAlokasi anggaran Kartu Prakerja. IDN Times/Rahmat Arief)

Bagi penerima kartu prakerja, masing-masing akan mendapatkan insentif bantuan pelatihan sebesar Rp3,55 juta. Rinciannya, biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan (Rp2,4 juta), plus insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali.

Peserta bisa mengikuti sebanyak 2.055 pelatihan yang bisa diikuti di 198 lembaga melalui 8 platform yang menjadi mitra. 8 platform tersebut adalah Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, dan Sekolahmu dan Kemenaker.

"Jenis pelatihan beragam, dan diharapkan akan ada banyak pilihan bagi 200 ribu pertama yang mengikuti atau lolos gelombang pertama," kata Airlangga.

3. Meledaknya antusiasme kartu prakerja

Gelombang Kedua Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Ini Cara DaftarnyaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ( ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Airlangga memastikan sebanyak 2.078.026 orang pendaftar lolos batch atau gelombang pertama penerima kartu prakerja. Nantinya, secara bertahap pemerintah akan mengirimkan notifikasi ke-200 orang pertama untuk bisa mulai mengikuti pelatihan. Namun, bagi yang belum menerima SMS, Airlangga mengatakan kamu tidak perlu registrasi ulang.

"Nanti akan diberikan email untuk link di smartphone untuk ikut gelombang 2 dan seterusnya, sehingga tidak perlu ulang semua proses yang sudah dibuat di awal. Ini akan disampaikan melalui notif," katanya.

Apa kamu sudah coba? Tulis pengalamanmu mendaftar Kartu Prakerja di kolom komentar yuk!

Baca Juga: Penerima Kartu Prakerja, Kamu Gak Bisa Langsung Dapat Rp3,55 Juta

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya