Comscore Tracker

[BREAKING] Rizieq Shihab Resmi Ditahan, Pendukung: Allahu Akbar!

Rizieq ditahan setelah 14 jam diperiksa

Jakarta, IDN Times - Polisi resmi menahan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Minggu (13/12/2020) dini hari. Rizieq ditahan setelah menjalani pemeriksaan selama 14 jam sejak Sabtu (12/12/2020) pagi.

Penangkapan Rizieq karena kerumunan dalam acara pernikahan putrinya di Petamburan, Jakarta Pusat dan dianggap melanggar protokol kesehatan.  Rizieq keluar dari Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya pada Minggu (13/12/2020) pukul 00.23 WIB.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Rizieq terlihat keluar dalam kondisi tangan diikat tali putih, kemudian masuk ke mobil tahanan. Dia mengacungkan dua tangannya yang terikat ke atas. Rizieq juga berteriak, "Allahu Akbar!."

Para pendukung Rizieq yang sepanjang pemeriksaan menanti di luar gedung pun berteriak histeris saat melihatnya keluar. "Allahu akbar!" seru pendukung Rizieq. 

Rizieq datang ke Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020) sekitar pukul 10.30 WIB didampingi Sekjen FPI Munarman. Rizieq sempat menjalani swab test antigen sebelum diperiksa oleh polisi dah hasilnya negatif COVID-19.

Rizieq ditetapkan sebagai tersangka pada 10 Desember 2020, dalam kasus kerumunan dalam acara pernikahan putri Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat dan penghasutan. Rizieq diduga melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Selain itu, dia juga dikenakan pasal 160 dan 216 KUHP.

Selain Rizieq, ada lima orang lainnya yang juga ditetapkan sebagai tersangka yakni ketua panitia acara Haris Ubaidillah (HU), sekretaris panitia Ali Bin Alwi Alatas (A), penanggung jawab keamanan acara Maman Suryadi (MS), penanggung jawab acara Shabri Lubis (SL) dan kepala seksi acara, Habib Idrus (HI).

Baca Juga: Diperiksa, Rizieq Minta Kasus Kematian 6 Laskar FPI Tidak Dialihkan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya