Comscore Tracker

Rentang 90 Hari Istri dan Ibu Meninggal, SBY: 2019 Tahun yang Berat

SBY kehilangan istri dan ibunda tercinta

Jakarta, IDN Times - Dalam rentang 90 hari, Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kehilangan dua orang yang paling dicintainya.

Pada 1 Juni lalu, ia kehilangan istri tercinta, Ani Yudhoyono. Sedangkan, pada Jumat (30/8) kemarin, sang ibunda, Siti Habibah wafat di usia 87 tahun.

Jenazahnya telah dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Sabtu (31/8) sekitar pukul 14:00 WIB. 

"Tahun 2019 ini tahun yang berat bagi saya dan keluarga. Tahun penuh ujian dan cobaan. Belum genap 100 hari, istri tercinta ibu Ani yudhoyono berpulang menghadap Allah. Kemudian tadi malam ibunda tercinta Hj. Siti Habibah menghadap sang khalik," ujar SBY ketika berpidato di TPU Tanah Kusir. 

Politisi Demokrat ini merasa cukup berat dengan kepergian sang ibunda. Meski begitu, ia selalu percaya atas rencana yang diberikan Allah SWT.

"Sungguh berat, tetapi saya yakin bahwa keputusan Allah, takdir Allah dan rencana Allah jauh lebih baik dan lebih indah daripada yang kami pikirkan dan inginkan," tuturnya.

Lebih lanjut SBY mengatakan, ia bersyukur atas segala rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Menurutnya, anugerah itu lebih banyak dibanding cobaan yang dia dapat.

"Saya dan keluarga meyakini Tuhan yang maha kuasa terlalu banyak memberikan anugerah kepada kami. Jauh lebih banyak dari ujian dan cobaan yang kami hadapi ini. Kami dan keluarga Insya Allah akan kuat, sabar dan tabah, Insyaallah lulus dari ujian Allah," kata dia lagi. 

Oleh karena itu, ia memohon doa kepada semua pihak agar sang ibunda dimaafkan atas segala kesalahannya serta diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Tadi malam tepat pada 19.23 WIB, orang yang amat kami sayangi ibunda Hj Habibah telah berpulang menghadap sang pencipta. Atas nama keluarga saya mohon keikhlasan bapak/ibu sekalian untuk mendoakan almarhumah agar oleh Allah diampuni dosanya. Diterima amal ibadahnya, diterangkan kuburnya dan dilapangkan jalannya menghadap Allah SWT,"  kata dia. 

Baca Juga: [BREAKING] Belum 100 Hari Ani Meninggal, SBY Kehilangan Ibunya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya