Comscore Tracker

Larangan Umrah Sementara, Jemaah Menumpuk di Bandara Soetta

Arab Saudi sudah tutup akses penerbangan

Jakarta, IDN Times - Penutupan akses masuk oleh Pemerintah Arab Saudi bagi jemaah umrah berdampak pada batalnya sejumlah penerbangan. Soalnya Arab Saudi tidak menerima penerbangan termasuk dari Indonesia untuk mengantisipasi virus Corona. 

Akibatnya jemaah umrah menumpuk di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (27/2). Berdasarkan laporan Staff Patuna Travel di Bandara Soetta, penerbangan ditutup pukul 12.00 WIB.

"Semua penerbangan ke Arab Saudi per pukul 12.00 WIB sudah ditutup dengan adanya instruksi dari Kementerian Haji dan Umrah di Saudi Arabia," kata Noviadi dalam laporan videonya seperti dikutip IDN Times, Kamis (27/2).

Jemaah sudah mempersiapkan diri untuk berangkat. Soalnya pengumuman dari Arab Saudi baru diterbitkan Kamis (27/2) tapi baru berlaku di hari yang sama. 

"Bisa diperlihatkan bahwa terjadi penumpukan jemaah yang belum hadir maupun yang sudah hadir. Sehingga terjadi kepadatan yang luar biasa. Begitu pula penerbangan berikutnya. Sehingga tidak memungkinkan terbang di hari ini. Khususnya Bagi jemaah umrah," ucap Novi dalam laporannya.

IDN Times coba menghubungi langsung pemilik video tersebut. Dia mengkonfirmasi bahwa telah terjadi kepadatan. Dengan adanya pembatalan ini, jemaah kemungkinan akan kembali ke rumah masing-masing.

"Kemungkinan (jemaah umroh) kembali ke rumah masing-masing," tuturnya

Baca Juga: [BREAKING] Arab Tutup Akses Umrah, Termasuk untuk Indonesia

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya