Kronologi Lengkap Warga Depok Terkena Virus Corona: Bermula dari Dansa

Warga Depok itu berdansa dengan WN Jepang

Jakarta, IDN Times - Dua warga negara Indonesia (WNI) telah dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Kedua WNI tersebut saat ini telah dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan, kejadian ini bermula saat korban yang berusia 31 tahun berdansa dengan sahabatnya, dalam hal ini warga negara Jepang, pada 14 Februari 2020.

"Tanggal 16 (Februari) dia batuk-batuk sehingga rawat jalan ke rumah sakit. Rawat jalan ke rumah sakit, kemudian pulang, masih gak nyaman. Kalau gak salah 26 Februari 2020 dia minta dirawat aja, lah wong batuknya gak ilang-ilang, kemudian dirawat," kata Terawan dalam konferensi persnya di RSPI Sulianti Saroso, Senin.

Dua hari kemudian, lanjut Terawan, sahabatnya yang merupakan orang Jepang tersebut menghubungi WNI itu. Ia memberitahu bahwa dirinya dirawat di Malaysia dan dinyatakan positif virus corona.

"Kemudian (WNI) memberitahukan ke yang merawat, meskipun sudah memberitahukan ke yang merawat sebagai orang dalam pengawasan (ODP), dia pasien dalam pemantauan, sehingga teman-teman dokter yang ada di rumah sakit itu sudah menyiapkan diri peralatannya begitu dianggap pasien dalam pemantauan," jelas Terawan.

"Jadi saya meralat, bukan dari Kemenkes Malaysia, ternyata dari temannya itu sendiri," sambung Terawan.

Selanjutnya, WNI tersebut memberikan informasi kepada tim dokter yang merawatnya pada 29 Februari 2020. Sehari kemudian, WNI tersebut dipindahkan ke RSPI Sulianti Saroso.

"Tanggal 1 tiba di sini dan cek. Hasilnya tadi pagi dan dikasih tahu bahwa tracking sudah jalan, sehingga si cewek ini bersama ibunya yang usia 64 kita cek di sini. Kalau saat ini baik. Batuk sekali-sekali," tegasnya.

Kronologi Lengkap Warga Depok Terkena Virus Corona: Bermula dari DansaInfografik cuci tangan untuk menghindari virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Virus Corona di Depok, IAKMI: Jangan Cemas, RI Punya Laboratorium

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya