SBY Sampaikan Ucapan Selamat dan Dukungan pada Jokowi-Ma’ruf

Jokowi-Ma'ruf unggul hampir 17 juta suara

Jakarta, IDN Times – Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan yang diraih calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko ‘Jokowi’ Widodo-Ma’ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019. Tak hanya itu, SBY juga mendukung Jokowi-Ma’ruf untuk memimpin rakyat Indonesia dengan baik.

“Kepada Bapak Jokowi dan Bapak Ma'ruf Amin dalam kapasitas saya sebagai Presiden RI ke-6, atas kepercayaan rakyat yang diberikan kepada bapak berdua untuk pada saatnya memimpin Indonesia lima tahun mendatang saya menyambut baik dan mendukung penuh komitmen dan tekad mulia bapak berdua untuk memimpin dan mengayomi rakyat Indonesia secara adil tanpa kecuali,” ucapnya dalam video berdurasi sembilan menit 23 detik tersebut.

1. SBY merasa lega atas komitmen Jokowi-Ma’ruf

SBY Sampaikan Ucapan Selamat dan Dukungan pada Jokowi-Ma’rufDok.IDN Times/Istimewa

Dalam pernyataannya, SBY mengaku bahwa ia merasa lega karena Jokowi melalui pidatonya telah menyampaikan komitmen untuk jadi pemimpin seluruh rakyat Indonesia meski tak semua memilih Jokowi-Ma’ruf dalam pemilu.

“Ini juga awal yang indah bagi terbasuhnya luka di antara anak bangsa. Serta bagi rekonsiliasi bersatunya kembali anak bangsa secara terhormat,” jelasnya.

2. Pemilu 2019 diharapkan berakhir indah

SBY Sampaikan Ucapan Selamat dan Dukungan pada Jokowi-Ma’rufIDN Times/Prayugo Utomo

Ketua Umum Partai Demokrat itu juga berharap rangkaian Pemilu 2019 bisa berakhir dengan indah sehingga seluruh pihak bisa terekonsiliasi.

“Semoga Pemilu 2019 ini segera berakhir dengan baik, damai, dan indah, agar bangsa dan negara kita segera melangkah ke depan untuk membangun hari esok yang lebih baik,” ucapnya.

3. Menurut KPU, Jokowi-Ma’ruf unggul hampir 17 juta suara

SBY Sampaikan Ucapan Selamat dan Dukungan pada Jokowi-Ma’rufANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Beberapa waktu lalu KPU mengumumkan bahwa dari 154.257.601 suara sah, Jokowi-Ma’ruf berhasil meraih 55,5 persen suara atau setara 85.607.362 suara sah nasional. Jumlah tersebut unggul 16,957,123 suara dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mengumpulkan 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Baca Juga: Sampaikan Pidato Kemenangan di Kampung Deret, Ini Alasan Jokowi

4. Prabowo-Sandiaga akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK)

SBY Sampaikan Ucapan Selamat dan Dukungan pada Jokowi-Ma’rufANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/

Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, BPN memutuskan untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil Pilpres 2019 yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum, Selasa (21/5) dini hari.

Langkah ini diambil, setelah petinggi BPN melakukan diskusi di kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan. Dasco menjelaskan, pihaknya sudah mulai menyiapkan materi dan berkas gugatan yang akan diajukan dalam waktu 3×24 ke depan.

"Pertimbangan yang sangat krusial mengenai perhitungan-perhitungan sebagai bahan untuk ke Mahkamah Konstitusi," ujarnya di depan kediaman Prabowo, Selasa (21/5).

5. Jokowi hargai keputusan Prabowo-Sandiaga

SBY Sampaikan Ucapan Selamat dan Dukungan pada Jokowi-Ma’rufANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Menanggapi hal itu, Jokowi mengaku sangat menghargai keputusan Prabowo. Menurutnya, hal itu memang sesuai dengan jalur konstitusi.

"Saya kira saya sangat menghargai, sangat menghargai apabila Pak Prabowo, Pak Sandi ke MK. Itu memang sebuah proses sesuai dengan konstitusi sesuai dengan hukum dan UU yang kita miliki. Saya sangat menghargai," kata Jokowi di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Baca Juga: [LINIMASA] Detik-Detik Menjelang Pengumuman Pemenang Pilpres 2019

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya