Comscore Tracker

Ditanya Najwa, Jokowi Bilang Mudik Itu Beda dengan Pulang Kampung

Soal banyak yang curi start mudik sebelum larangan berlaku

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjelaskan soal larangan mudik saat ditanya Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa yang disiarkan Trans 7, Rabu (22/4). Najwa bertanya soal adanya warga yang curi start mudik sebelum larangan mudik diberlakukan mulai Jumat (24/4) besok.

Namun Jokowi ternyata beranggapan mereka yang sudah pulang ke kampung halaman tidak termasuk dalam mudik. Jokowi punya tafsir berbeda soal mudik. Berikut ini pernyataan Jokowi soal bedanya mudik.

1. Pulang kampung beda dengan mudik

Ditanya Najwa, Jokowi Bilang Mudik Itu Beda dengan Pulang KampungPara pemudik di Pelabuhan Semayang Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Menurut Jokowi, yang diungkapkan Najwa bukan mudik melainkan pulang kampung. Pulang kampung yang dimaksud Jokowi adalah orang-orang yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang kembali.

“Beda. Kalau mudik itu di hari lebarannya, untuk merayakan idul fitri. Kalau yang pulang kampung itu yang bekerja di Jakarta tetapi anak istrinya ada di kampung,” kata Jokowi.

Baca Juga: Darurat Corona, Gubernur Edy Rahmayadi: Tidak Ada Mudik

2. Banyak orang yang hidup berdesakan di Jakarta

Ditanya Najwa, Jokowi Bilang Mudik Itu Beda dengan Pulang KampungIDN Times/Candra Irawan

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu kondisi di lapangan saat ini banyak orang yang hidup berdesakan dalam ruang sempit. Terlebih mereka belum tentu memiliki pekerjaan di ibu kota.

"Lebih bahaya mana? Di dalam ruangan dihuni sembilan orang, tapi pulang kampung tapi sudah disiapkan isolasi oleh desa?" jelasnya.

3. Polda Metro Jaya siapkan pos pantau

Ditanya Najwa, Jokowi Bilang Mudik Itu Beda dengan Pulang KampungIlustrasi check point dalam rangka penerapan PSBB di perbatasan Depok-Jakarta (Rohman Wibowo/IDN Times)

Direktur (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan pihaknya telah menyediakan 19 pos pengamanan terpadu sebagai check point untuk mencegah para pemudik ke kampung halaman.

"Pertama, tiga check point ada di Pintu Tol Cikarang Barat arah Jawa Barat, Pintu Tol Cimanggis arah Bogor, dan Pintu Tol Bitung arah Merak," kata Sambodo dalam live streaming di Instagram Humas Polda Metro Jaya, Rabu (22/4).

Selanjutnya, ada 16 check point yang disiapkan di jalur arteri. Di kawasan Tangerang Kota ada lima titik yakni, di Lippo Karawaci, Batu Ceper, Ciledug, Kebon Nanas dan Jatiuwung. Untuk di Tangerang Selatan ada dua checkpoint yaitu di Jalan Raya Puspitek dan Kecamatan Curug.

"Wilayah Depok ada dua (check point) yakni Jalan Raya Bogor Cibinong dan Citayam. Wilayah Bekasi Kota ada tiga yaitu Sumber Arta, Bantar Gebang, dan Cakung," katanya.

Di Kabupaten Bekasi, ada empat titik yakni perbatasan Bogor dan Cianjur di Cibarusah, perbatasan Kabupaten Karawang di Kedung Waringin, Bojongmangu, dan Pebayuran.

Baca Juga: Jokowi Larang Mudik Hanya di Daerah Zona Merah COVID-19 dan PSBB

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya