Comscore Tracker

Tiga Hari Jelang Kepergiannya, Almarhum Sutopo Minta Ini ke Ayahnya

Sutopo sudah dimakamkan di Boyolali

Depok, IDN Times - Kenangan tentang almarhum Sutopo Purwo Nugroho membekas jelas bagi Suharsono Harsosaputro. Dia adalah ayah dari mendiang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu. Terakhir kali keduanya berkomunikasi adalah tiga hari lalu lewat telepon.

Suharsono selalu memberikan semangat dan keyakinan agar anaknya sembuh dari penyakit. Sutopo pun sempat meminta doa dari ayahnya, agar sembuh dari penyakit kanker paru yang dideritanya.

"Dia hanya minta doakan saja. Tidak ada pesan-pesan dari dia. Karena keyakinan saya juga dia sembuh, optimis kok," ucap Suharsono, di kompleks Raffles Hills, Cibubur, Depok, Jawa Barat, Minggu malam (7/7).

Menurut Suharsono, Sutopo merupakan sosok yang positif karena meski sakit tetap semangat bekerja. Bahkan sejak kecil Sutopo sudah berprestasi.

"Dia itu semangat kerjanya luar biasa. Sejak kecil belajarnya rajin baca buku apa pun, hingga berprestasi dari SD sampai kampus, dan dalam dunia kerjanya," kenang dia.

Sutopo meninggal dunia saat menjalani perawatan untuk mengobati kanker paru di Guangzhou St Stamford Modern Cancer Hospital, Minggu (7/7) pukul 02.20 waktu Guangzhou, Tiongkok. Dia dirawat di Guangzhou sejak 15 Juni 2019 lalu.

Saat mengembuskan napas terakhirnya, Sutopo didampingi istrinya, Retno Utami Yulianingsih, keluarga terdekat, dan komunitas warga Indonesia di Guangzhou.

Baca Juga: Kondisi Sutopo Sempat Membaik saat Dirawat di Guangzhou Tiongkok

Tiga Hari Jelang Kepergiannya, Almarhum Sutopo Minta Ini ke Ayahnya

Sutopo didiagnosis menderita kanker paru stadium IVB. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh. Sejak divonis kanker akhir Desember 2017, ia masih gigih melakukan upaya pengobatan, maupun menginformasikan berbagai bencana yang terjadi di Indonesia, selama 2018 hingga pertengahan 2019.

Jenazah Sutopo diterbangkan pada Minggu sore (7/7) dari Guangzhou, Tiongkok. Jenazah tiba di Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Minggu pukul 20.30 WIB.

Baca Juga: Humas BNPB Sutopo Meninggal Dunia, Penyanyi Raisa Sampaikan Duka Cita

Tiga Hari Jelang Kepergiannya, Almarhum Sutopo Minta Ini ke AyahnyaIDN Times/Dhana Kencana

Jenazah Sutopo dibawa dari Tiongkok menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Sebelum dimakamkan di kampung halamannya, jenazah Sutopo terlebih dulu disemayamkan di rumah duka, kompleks Raffles Hill, Cibubur, Depok, Jawa Barat.

Jenazah tiba di rumah duka Minggu pukul 22.36 WIB. Usai dimandikan dan disalatkan, jenazah kembali dibawa ke Bandara Soakarno-Hatta, yang kemudian diterbangkan Senin pagi ke Bandara Adi Soemarmo Solo, dan dilanjutkan ke Boyolali, Jawa Tengah, untuk dikebumikan.

Sutopo meninggal pada umur 50 tahun dan meninggalkan seorang istri, Retno Utami Yulianingsih, serta dua anak, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

Baca Juga: Humas BNPB Sutopo Berpulang, Ini Deretan Penghargaan yang Diraihnya

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You