Detik-detik Terakhir Kebersamaan Ani Yudhoyono dan SBY

SBY membisikkan doa di telinga Ani Yudhoyono

Bogor, IDN Times - Di hadapan para pelayat yang hadir di kediamannya di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat mengenang kembali detik-detik terakhirnya beserta keluarga dengan Ani Yudhoyono.

SBY berkisah bahwa ia beserta keluarga sempat membisikkan doa dan harapan untuk Ani. Ia berharap usia sang istri dipanjangkan jika itu membawa kebaikan untuknya. Namun, SBY dan keluarga ikhlas ketika Allah lebih memilih memanggil Ani.

"Saya sampaikan itu sebelum beliau menghebuskan napas terakhir," ucap SBY, Minggu (2/6).

SBY mengatakan, saat satu per satu anggota keluarga membisikan doa dan harapan kepada Ani, sang istri terlihat meneteskan air mata.

"Dokter katakan Ani sengaja ditidurkan oleh obat bius. Secara logika tidak dengar tapi ibu ani menitikkan air mata, berarti ibu ani mendengar apa yg dibiskikan hati kami mendengar," ujar SBY dengan mata sembab.

Melihat itu, SBY segera mengambil tissue untuk menyeka air mata Ani yang menetes. Namun, di saat yang bersamaan air matanya juga tak terbendung dan membasahi kedua pipinya.

"Saya ambil kertas tissue, saya bersihkan air mata yang menggenanang. Tapi air mata saya juga menetes, saya menyatukan air mata itu," kata Presiden ke-6 Indonesia tersebut.

"Saya minta ke Tuhan inilah bersatu air mata kami, air mata cinta sayang. Semoga ini bermanfaat bagi pengambilan keputusan mu ya Allah," sambungnya.

Menurut SBY, setelah itu semuanya berlangsung cepat. Sang istri menghembuskan nafas terakhirnya dengan tenang.

"Kami dengan agama dan keyakinan masing-masing segera ucapkan asyhadu an laa ilaha illallah. Setelah itu saya cium keningnya, saya ucapkan selamat jalan istri tercinta, semoga engkau hidup tenang dan bahagia di sisi Allah Tuhan yang maha kuasa," jelas SBY.

Ani Yudhoyono dinyatakan meninggal Sabtu kemarin (1/6) pukul 11.50 waktu Singapura di Rumah Sakit National University Hospital (NUH), Singapura. Ani divonis menderita kanker darah sejak Februari lalu.

Baca Juga: SBY: Tak Sejengkal Pun Saya Tinggalkan Ani Yudhoyono Jelang Wafat

Topik:

  • Anata Siregar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya