Comscore Tracker

[BREAKING] 13 Tahun Buron, Adelin Lis Tiba di Indonesia

Sebelumnya dipidana karena pembalakan liar di Sumut

Jakarta, IDN Times - Buronan Adelin Lis akhirnya kembali ke Indonesia setelah 13 tahun. Dia dideportasi dari Singapura, Sabtu (19/6/2021). Buronan kasus pembalakan liar itu pun   sudah ditahan di Kejaksaan Agung.

Adelin tiba  sekitar pukul 20.50 WIB. Dari siaran Instagram @Kejaksaan.ri, Adelin turun dari mobil tahanan dengan pengawalan ketat. Selain dari pihak Kejaksaan Agung, terlihat sejumlah polisi memakai helm, rompi, dan dilengkapi senjata laras panjang mengawalnya masuk ke dalam gedung.

Sejak turun dari pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, buron kakap itu sudah mengenakan rompi merah muda Kejaksaan Agung dengan tangan diborgol.

Adelin Lis merupakan buronan sejak 2008 yang masuk dalam daftar red notice interpol. Adelin Lis adalah pengusaha di bidang kehutanan dengan PT Mujur Timber Group dan PT Keang Nam Development Indonesia.

Ia diduga melakukan pembalakan liar hutan Mandailing Natal, Sumatera Utara. Tahun 2007 sempat divonis bebas oleh Pengadilan Negeri Medan. Namun kembali ditetapkan tersangka kasus pencucian uang.

Sebelumnya pada 2006, Adelin hampir ditangkap di KBRI Beijing. Namun, operasi itu gagal karena dia bersama pengawalnya melakukan perlawanan hingga memukul aparat, kemudian berhasil melarikan diri.

Adelin dipidana 10 tahun penjara, denda Rp1 miliar, dan uang pengganti Rp199 miliar untuk kasus tindak pidana korupsi.

Baca Juga: Buron 'Licin' Adelin Lis Akhirnya Dipulangkan ke Indonesia Hari Ini

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya