2 Peserta Car Free Day di Gelora Bung Karno Reaktif COVID-19

Peserta CFD itu langsung dibawa ke RS Polri Kramat Jati

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka ulang tahun Bhayangkara ke-74, Polri melaksanakan rapid test gratis bagi masyarakat peserta car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta.

Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Brigadir Jenderal Rusdianto mengungkapkan, usai menjalani rapid test, warga akan langsung dites swab PCR di Rumah Sakit Polri Soekanto, Kramat Jati, Jakarta Timur apabila reaktif COVID-19 atau virus corona.

"Hari ini hampir 350 orang yang rapid test, yang positif (reaktif rapid test) baru dua untuk melaksanakan swab test di Rumah Sakit Soekanto," ujar Rusdianto kepada wartawan di lokasi, Minggu (21/6).

1. Polri targetkan seribu rapid test di Jakarta

2 Peserta Car Free Day di Gelora Bung Karno Reaktif COVID-19Rapid tes pekerja media di LKBN Antara (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Rusdianto mengungkapkan, pelaksanaan rapid test bagi masyarakat tidak hanya dilakukan di Jakarta saja. Seluruh Polda di wilayah lainnya juga melaksanakan rapid test secara serentak. Untuk di Jakarta, pelaksanaan rapid test dilaksanakan di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat dan boleh diikuti semua orang.

"Hari ini kami targetkan seribu (sampel swab test)," ujarnya.

Baca Juga: Anak-anak Masih Ramai Ikut Car Free Day, Apakah akan Kena Sanksi?

2. CFD terlarang bagi ibu hamil dan anak-anak

2 Peserta Car Free Day di Gelora Bung Karno Reaktif COVID-19Ilustrasi ibu hamil. (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk pertama kalinya, CFD kembali dilaksanakan di Jakarta di tengah pandemik COVID-19. Meski kembali dilaksanakan, ada sejumlah batasan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta.

Sebagai contoh, ibu hamil dan anak-anak masih dilarang ikut CFD untuk sementara waktu. Namun, masih terdapat sejumlah anak-anak ditemukan ikut CFD Jakarta pagi ini.

"Nanti kita akan evaluasi terkait ketentuan mengenai balita, lansia, ibu hamil," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin kepada wartawan di lokasi, Jakarta Pusat, Minggu (21/6).

3. Peserta CFD di tengah pandemik didominasi pesepeda

2 Peserta Car Free Day di Gelora Bung Karno Reaktif COVID-19(Foto hanya ilustrasi) Suasana Car Free Day (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Megantara mengungkapkan, dalam pengamatannya peserta HBKB perdana ini berjumlah cukup banyak khususnya pesepeda.

"Seperti yang kami lihat di lapangan, bahwa pesepeda alhamdulillah cukup banyak dan yang berjalan kaki sedikit," ujar Bayu kepada wartawan di lokasi CFD Jakarta Pusat, Minggu (21/6).

Baca Juga: CFD di Jakarta Dibuka Lagi Hari Ini, Terlarang bagi Ibu Hamil dan Anak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya