Comscore Tracker

Jangan Mudik, Libur Idulfitri akan Diganti saat Hari Raya Iduladha

Masyarakat diminta sabar untuk tidak mudik saat lebaran

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mengimbau agar kegiatan silaturahmi secara langsung yang biasa dilakukan pada Hari Raya Idulfitri dapat ditunda sementara dan diganti pada saat Hari Raya Iduladha.

Pasalnya pemerintah akan mengganti hari libur Idulfitri tahun ini di waktu lain, yaitu pada saat Iduladha.

“Kita sebenarnya kalaupun tidak bisa sekarang, kita bisa menundanya. InsyaAllah pemerintah akan menggeser libur lebaran ini. Mungkin ke saat nanti libur panjangnya digeser ke Iduladha, jadi lebaran haji," kata Ma’ruf Amin melalui keterangan tertulisnya, Kami (21/5). 

"Jadi kita tinggal menggeser sedikit, mudah-mudahan Iduladha corona sudah hilang sehingga kita bisa bertemu (dan) bersilaturahim, hanya menggeser waktunya,” lanjutnya.

1. Fungsi silaturahmi tidak hilang walaupun secara virtual

Jangan Mudik, Libur Idulfitri akan Diganti saat Hari Raya IduladhaWakil Presiden RI Maruf Amin (Dok. Setwapres)

Ma'ruf mengatakan bahwa fungsi silaturahmi tidak akan hilang meskipun disampaikan melalui virtual pada gawai milik kita.

Oleh sebab itu ia mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dalam melakukan silaturahmi terutama saat perayaan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Karena itu marilah kita bersabar. Kita pendam dulu untuk bertemu secara langsung, yaitu untuk kemaslahatan kita, kemaslahatan orang tua kita, kemaslahatan masyarakat semuanya, yang intinya fungsi silaturahimnya tidak hilang karena kita bisa melakukannya secara virtual,” kata dia.

Baca Juga: 14 Pegawai Brastagi Negatif Saat Rapid Test Ulang, Operasional Disetop

2. Wapres meminta masyarakat untuk bersabar dan tidak mudik saat lebaran

Jangan Mudik, Libur Idulfitri akan Diganti saat Hari Raya IduladhaPara pemudik yang terjaring razia di Tol Sumo. Dok. Ditlantas Polda Jatim

Ia pun meminta masyarakat untuk bersabar agar tidak melakukan kegiatan pulang kampung di tengah wabah COVID-19 ini, yang dinilai sangat berbahaya karena dapat berpotensi semakin meluasnya virus tersebut.

“Pada saat sekarang ini kita terhalang oleh adanya suasana COVID-19, sehingga kita sulit untuk bisa bersilaturahim langsung. Tapi syukur alhamdulillah, kita sekarang walaupun tidak bisa bertatap muka, kita (dapat) bersilaturahim melalui media secara virtual. Kita bisa melalui WA (aplikasi WhatsApp), melalui telepon, bahkan kita bisa melalui teleconference. Sekarang ini kita bisa melakukan tanpa harus bertemu, dan ini juga bantuan teknologi, alhamdulillah,” ujarnya.

3. Wapres tidak gelar acara open house saat lebaran

Jangan Mudik, Libur Idulfitri akan Diganti saat Hari Raya IduladhaWakil Presiden Ma’ruf Amin (Dok. Setwapres)

Selain itu, untuk mematuhi protokol kesehatan yaitu physical distancing, wapres juga tidak menggelar acara open house baik di rumah dinasnya maupun Istana Wakil Presiden.

“Wapres sampaikan salam tidak ada open house tahun ini karena kita sedang menghadapi pandemik COVID-19. Salam hangat dari pak wapres untuk anda semuanya,” kata Jubir Wapres Masduki Baidlowi melalui keterangan resminya, Kamis (21/5).

Baca Juga: [BREAKING] Oknum TNI di Tapteng Diduga Bunuh Istrinya Sendiri

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya