Survei IPO: Erick Thohir Menteri Paling Disuka, Yasonna Laoly Terbawah

Prabowo Subianto menteri yang paling dikenal publik

Jakarta, IDN Times - Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei mengenai tingkat kepuasan masyarakat pada 100 hari pemerintahan Joko “Jokowi” Widodo-Ma’ruf Amin, termasuk seluruh menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Dalam survei tersebut, nama Menteri BUMN Erick Thohir menjadi menteri yang paling banyak disukai masyarakat. Sementara Menkumham Yasonna Laoly berada diurutan terbawah.

1. Erick Thohir dan Retno Marsudi jadi menteri paling disukai masyarakat

Survei IPO: Erick Thohir Menteri Paling Disuka, Yasonna Laoly TerbawahMenteri Luar Negeri Retno Marsudi. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah Putra, mengatakan survei dilakukan untuk mengukur seberapa besar perhatian dan pengetahuan publik pada kinerja Kabinet Indonesia Maju beserta peran presiden dan wakil presiden dalam menjalankan pemerintahan.

“Menteri BUMN Erick Thohir 96 persen, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi 94 persen, Menkopolhukam Mahfud MD persen, hingga Menkumham Yasonna Laoly di paling bawah 24 persen,” kata Dedi melalui keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Minggu (9/2).

2. Prabowo dan Tito Karnavian jadi menteri yang paling dikenal publik

Survei IPO: Erick Thohir Menteri Paling Disuka, Yasonna Laoly TerbawahMenhan Prabowo Subianto ke Natuna didampingi Menkes Terawan. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Survei ini juga memunculkan nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto jadi menteri yang paling dikenal oleh publik bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Prabowo Subianto 92 persen, Tito Karnavian 89 persen, hingga Zainudin Amali (Menteri Pemuda dan Olahraga) diurutan terbawah sebesar 13 persen,” ujarnya.

3. Kemenlu paling dipercaya publik, Kemenag paling buruk kinerjanya

Survei IPO: Erick Thohir Menteri Paling Disuka, Yasonna Laoly Terbawah(Menteri Agama Fachrul Razi ketika melayat ke rumah duka Gus Sholah) IDN Times/Aldzah Fatima

Sementara itu, Kementerian/Lembaga yang memiliki rating kepercayaan publik paling tinggi dipimpin oleh Kementerian Luar Negeri dengan 84 persen. Kementerian PUPR 80,3 persen dan TNI 84 persen.

“Kementerian yang dianggap kinerjanya buruk, pertama Kementerian Agama 27,5 persen, Kemenkumham 25 persen. Dari sisi lembaga negara, Polri menempati urutan teratas dengan 70,5 persen dan PSSI 66 persen,” tuturnya.

4. Pejabat yang tidak dikenal karena programnya belum tersosialisasi dengan baik

Survei IPO: Erick Thohir Menteri Paling Disuka, Yasonna Laoly TerbawahPresiden Jokowi memberi pengarahan tentang karhutla di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 6 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Lebih jauh Dedi mengatakan, tingginya pendapat publik atas ketidaktahuan pejabat publik dimungkinkan karena program belum tersosialisasi dengan baik, juga terkait wacana di mana program tersebut belum benar-benar terimplementasi.

“Apakah pendapat publik harus diprioritaskan? Tidak. Tetapi sekurang-kurangnya, pemerintah menyediakan waktu untuk sekadar memahami apa yang sedang berkembang di wilayah publik. Dengan demikian, pemerintahan akan berjalan dengan dukungan publik,”

Survei ini, lanjut Dedi, menggunakan teknik wellbeing purposive sampling (WPS) dengan responden sebanyak 1.600 orang di seluruh Indonesia. Validitas data dengan metode ini dalam rentang minimum 94 persen dan maksimum 97 persen.

Baca Juga: Sempat Bertemu, Erick Thohir Bantah Tawari Sandi Posisi Direksi BUMN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya