Tanggapi Napi yang Kembali Berulah, Yasonna: Jumlahnya Cuma 14 Persen

"Waspada memang iya, tetapi jangan dijadikan berita hoaks"

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengatakan jumlah warga binaan yang kembali berulah usai dibebaskan melalui program asimilasi angkanya tidak banyak. Hanya berkisar 14 persen.

Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu memelihara ketakutan yang berlebihan di dalam diri mereka. Walaupun tetap harus waspada. 

Lalu, bagaimana nasib eks residivis yang kembali berulah? Apakah mereka kembali ditangkap dan memperoleh hukuman lebih berat?

1. Sebanyak 39.241 warga binaan mendapatkan asimilasi

Tanggapi Napi yang Kembali Berulah, Yasonna: Jumlahnya Cuma 14 Persen(Ilustrasi) IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Hingga hari ini, Kemenkum HAM telah membebaskan sebanyak 39.241 tahanan melalui program asimilasi yang bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di dalam lembaga pemasyarakatan.

“Residivis emang normal. Jadi tidak mungkin tidak ada pengulangan kejahatan. Di Indonesia rate of residivisme sekitar 10-14 persen,” kata Yasonna dalam diskusi virtual di Instagram bertajuk ‘Interview Terakbar Abad Ini’ pada Jumat (8/5).

Baca Juga: Digugat LSM, Permenkumham Asimilasi Napi Yasonna Laoly Dipuji DPR

2. Angka warga binaan yang kembali berulah di Indonesia lebih sedikit jika dibandingkan dengan negara lain

Tanggapi Napi yang Kembali Berulah, Yasonna: Jumlahnya Cuma 14 PersenDok.istimewa

Yasonna menjelaskan, angka warga binaan yang dilepas lalu berulah lagi di Indonesia masih tergolong lebih kecil jika dibandingkan dengan negara lain yang juga ikut menerapkan asimilasi untuk mencegah meluasnya wabah COVID-19. Menteri dari PDI Perjuangan itu meminta ke publik agar tidak termakan berita bohong atau hoaks yang beredar di media sosial mengenai warga binaan yang berulah kembali sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat luas.

“Di dunia ada sampe 30-40 persen. Di negara kita paling hebat, dari napi warga binaan yang (dibebaskan) jumlahnya 39.241 hanya sekitar 70-an yang melakukan pengulangan per hari ini. Itu sangat jauh artinya jumlahnya kecil,” ujarnya.

“Yang jadi persoalan ada sekelompok orang menebar ketakutan-ketakutan. Bahwa kita harus waspada iya, tapi jangan jadikan hoaks,” katanya menambahkan.

3. Kemenkum HAM lakukan evaluasi terhadap warga binaan yang mendapat asimilasi

Tanggapi Napi yang Kembali Berulah, Yasonna: Jumlahnya Cuma 14 PersenIDN Times/Dini suciatiningrum

Sementara, terkait banyaknya keluhan dari publik soal warga binaan yang kembali berulah usai dibebaskan, Menteri Yasonna mengatakan pihaknya terus melakukan evaluasi terkait program asimilasi kepada warga binaannya itu. Kemenkum HAM akan bekerja sama dengan Polri dan Pemda setempat untuk mengawasi keseharian warga binaan di lingkungan masyarakat.

“Nama-nama yang kita keluarkan saat ini, juga kami kirimkan kepada Kapolres, Kapolda, Pemda setempat untuk ikut serta mengawasinya,” ujarnya.

Baca Juga: Yasonna Laoly Bersumpah Tak Kenal Harun Masiku

Topik:

Berita Terkini Lainnya