Megawati Soal Akhyar: Orang Tidak Direkom Terus Ngamuk, Ya Saya Pecat!

Akhyar akhirnya diusung Partai Demokrat di Pilkada Medan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, terpaksa memecat Akhyar Nasution, petahana Wali Kota Medan sebagai kader partainya.

Mega sapaan akrab untuk Megawati menjelaskan, keputusan tersebut diambil lantaran yang bersangkutan tidak taat kepada aturan partai. Akhyar kecewa karena PDIP lebih memilih Bobby Nasution sebagai bakal calon wali kota Medan ketimbang dirinya.

1. Megawati sebut rekomendasi cakada merupakan hak prerogatif ketum partai

Megawati Soal Akhyar: Orang Tidak Direkom Terus Ngamuk, Ya Saya Pecat!Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri membuka sekolah cakada gelombang kedua (Dok.PDI Perjuangan)

Padahal, keputusan untuk memberikan rekomendasi unjuk maju sebagai calon kepala daerah adalah mutlak hak prerogatif Mega sebagai ketua umum partai. Hal tersebut disampaikan Mega saat pidato pembukaan sekolah cakada PDIP Gelombang II secara daring.

"Ada itu di Medan, dia masuk sebagai PDI Perjuangan. Itu bayangkan loh, urusan rekomendasi itu sudah otorisasi saya, karena saya dipilih oleh kongres partai, semua mesti tahu itu. Kongres partai lah memberikan namanya hak prerogatif,” kata Megawati, Rabu (26/8/2020).

"Nah, ada orang tidak direkom terus ngamuk. Lah pikir loh. Ini gimana. Katanya kader partai? Ya sudah aturan partainya gimana? Ya saya pecat. Iya dong, fair," kata Mega menambahkan.

Baca Juga: Tinggalkan Akhyar, PDIP Resmi Usung Bobby di Pilkada Kota Medan

2. Akhyar boleh marah kepada Megawati, tapi secara pribadi

Megawati Soal Akhyar: Orang Tidak Direkom Terus Ngamuk, Ya Saya Pecat!Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution (www.instagram.com/ahmadymax)

Namun belakangan, Akhyar malah pindah ke Partai Demokrat untuk maju di Pilwalkot Medan dengan dibantu oleh PKS.

"Mau marah sama saya ya boleh. Tapi marahnya hanya pribadi. Kalau (marah ke saya) sebagai ketum, nggak bisa. Karena (rekomendasi cakada) itu adalah hak saya. Supaya tahu loh. Supaya tahu," ujar Mega.

3. Megawati mengaku surat rekomendasi cakada tidak pernah diperjualbelikan

Megawati Soal Akhyar: Orang Tidak Direkom Terus Ngamuk, Ya Saya Pecat!DPP PDIP umumkan Bobby Nasution dan Aulia Rachman untuk Pilkada 2020 (IDN Times/Indah Permata Sari)

Presiden ke-5 RI itu juga sempat menyinggung soal secarik surat rekomendasi calon kepala daerah yang ditandatanganinya sangat dinanti banyak orang. Jika saja dia mau memperjualbelikannya, akan banyak orang yang bersedia membayar uang. Namun, hal itu tak pernah dilakukannya.

"Kalian bayar nggak untuk rekom saya? Kalau ada yang bilang bahwa ketum itu menjual rekomendasi, kalian saya panggil. Ini adalah karena keputusan partai yang direkomendasi oleh ketua umumnya,” tuturnya.

Baca Juga: Megawati Sindir KAMI: Kayaknya Banyak yang Kepingin Jadi Presiden

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya