Comscore Tracker

Batalkah Puasa Jika Vaksinasi COVID-19? Ini Penjelasan Ma'ruf Amin

Proses vaksinasi akan terus berlanjut saat Ramadan

Jakarta, IDN Times - Proses vaksinasi COVID-19 terus digeber pemerintah. Tentu bukan waktu yang sebentar. Pemerintah menargetkan waktu 15 bulan untuk merampungkan program tersebut dimulai pada Januari 2021.

Termasuk puasa nanti yang akan jatuh pertengahan April 2021, pemerintah akan tetap menggeber vaksinasi. Bagaimana ibadah puasa saat vaksinasi? Mengingat akan ada cairan yang dimasukkan ke tubuh. Ini penjelasan Wapres Ma'ruf Amin.

1. Wapres sebut vaksinasi saat Ramadan tidak membatalkan puasa

Batalkah Puasa Jika Vaksinasi COVID-19? Ini Penjelasan Ma'ruf AminWakil Presiden Ma’ruf Amin mendapat vaksinasi COVID-19 pada Rabu (17/2/2021) (Dok. Setwapres)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bahwa vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan individu yang sedang menjalankan ibadah puasa. Sebab, cairan vaksin tidak disuntikkan ke dalam lubang tubuh manusia.

“Gak apa-apa (tidak batal) karena itu bukan masuk dari lubang. Kalau masuk dari lubang hidung, lubang mulut. Kalau ini (disuntik lengan) kan enggak (batal),” kata Wapres usai meresmikan Sentral Kreasi ATENSI milik Kemensos di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Berikut 12 Bacaan Bilal dan Jawabannya dalam Salat Tarawih dan Witir

2. Indonesia memulai vaksinasi COVID-19 sejak Januari 2021

Batalkah Puasa Jika Vaksinasi COVID-19? Ini Penjelasan Ma'ruf AminPresiden Joko Widodo (tengah) bersiap disuntik dosis pertama vaksin COVID-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto

Indonesia mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada Rabu, 13 Januari 2021. Di hari pertama penyuntikan vaksin COVID-19, orang pertama yang disuntik adalah Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan sejumlah tokoh lainnya.

Vaksinasi berlangsung setelah sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin COVID-19 Sinovac.

3. Ini tahapan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

Batalkah Puasa Jika Vaksinasi COVID-19? Ini Penjelasan Ma'ruf AminIlustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Adapun tahapan vaksinasi COVID-19 di Indonesia terbagi menjadi 4 tahap, pertama diberikan kepada tenaga medis sebanyak 1,46 juta orang, tahap kedua kepada petugas pelayanan publik dan lansia yang totalnya 38,9 juta orang.

Tahap selanjutnya diberikan kepada masyarakat kategori rentan dengan total 63,9 juta. Kategori ini merupakan orang yang tiinggal di daerah dengan risiko penularan tinggi.

Setelah tahap itu, barulah dilakukan vaksinasi bagi kategori masyarakat lainnya. Diperkirakan proses vaksinasi tersebut dilakukan mulai April 2021 hingga April 2022. 

Baca Juga: Mau Ramadan, Yuk Hafal Doa Sesudah Tarawih Lengkap dengan Artinya

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya