Ma’ruf Amin Jelaskan Vaksinasi Saat Puasa Gak Bikin Batal 

Sudah siap buat divaksinasi?

Jakarta, IDN Times - Pemerintah terus mengejar target vaksinasi COVID-19 sebanyak 181 juta penduduk atau 70 persen populasi di Indonesia demi terciptanya kekebalan kelompok atau herd immunity. Pemerintah mengklaim hanya butuh waktu 15 bulan untuk merampungkan program tersebut, yang sudah dimulai sejak Januari 2021.

Program vaksinasi pun akan terus berlangsung meskipun umat Muslim sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan yang jatuh pada pertengahan April 2021.

Lalu, batal gak sih jika divaksinasi COVID-19 saat menjalankan ibadah puasa?

Baca Juga: Ma'ruf Amin Jelaskan soal Tolak Vaksinasi Bisa Berdosa 

1. Wapres sebut vaksinasi saat Ramadan tidak membatalkan puasa

Ma’ruf Amin Jelaskan Vaksinasi Saat Puasa Gak Bikin Batal Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendapat vaksinasi COVID-19 pada Rabu (17/2/2021) (Dok. Setwapres)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bahwa vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan individu yang sedang menjalankan ibadah puasa. Sebab, cairan vaksin tidak disuntikkan ke dalam lubang tubuh manusia.

“Gak apa-apa (tidak batal) karena itu bukan masuk dari lubang. Kalau masuk dari lubang hidung, lubang mulut. Kalau ini (disuntik lengan) kan enggak (batal),” kata Wapres usai meresmikan Sentral Kreasi ATENSI milik Kemensos di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/2/2021).

2. Indonesia memulai vaksinasi COVID-19 sejak Januari 2021

Ma’ruf Amin Jelaskan Vaksinasi Saat Puasa Gak Bikin Batal Presiden Joko Widodo (tengah) bersiap disuntik dosis pertama vaksin COVID-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto

Baca Juga: Jelang Puasa Ramadan, Bagaimana Proses Vaksinasi COVID-19 Dilakukan?

Indonesia mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada Rabu, 13 Januari 2021. Di hari pertama penyuntikan vaksin COVID-19, orang pertama yang disuntik adalah Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan sejumlah tokoh lainnya.

Vaksinasi berlangsung setelah sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin COVID-19 Sinovac.

3. Ini tahapan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

Ma’ruf Amin Jelaskan Vaksinasi Saat Puasa Gak Bikin Batal Ilustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Adapun tahapan vaksinasi COVID-19 di Indonesia terbagi menjadi 4 tahap, pertama diberikan kepada tenaga medis sebanyak 1,46 juta orang, tahap kedua kepada petugas pelayanan publik dan lansia yang totalnya 38,9 juta orang.

Tahap selanjutnya diberikan kepada masyarakat kategori rentan dengan total 63,9 juta. Kategori ini merupakan orang yang tiinggal di daerah dengan risiko penularan tinggi.

Setelah tahap itu, barulah dilakukan vaksinasi bagi kategori masyarakat lainnya. Diperkirakan proses vaksinasi tersebut dilakukan mulai April 2021 hingga April 2022. 

Baca Juga: Ini Tahapan 4 Meja Vaksinasi COVID-19, Penerima Vaksin Wajib Tahu!

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya