Comscore Tracker

[BREAKING] Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas 4,5 Km, Warga Ngungsi

Sudah sampai lerengnya Semeru

Surabaya, IDN Times - Gunung Semeru kembali erupsi, Sabtu (16/1/2021). Semeru meluncurkan awan panasnya sekitar pukul 17.10 WIB. 

Saiful Arifin (33), warga Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang mengatakan Semeru memuntahkan awan panas dengan jarak luncur hingga 4,5 kilometer ke arah Desa Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo. 

"Kondisi Semeru kan sudah berkabut, tiba-tiba luncuran awan sudah di tengah. Sudah di lerengnya semeru," kata Saiful saat dihubungi, IDN Times. "Sebenarnya kalau luncuran awan panas sering. Tapi kalau sampai sejauh ini, sepertinya baru kali ini."

Akibat kejadian ini, warga yang berada di beberapa desa di lereng gunung itu pun langsung mengungsi. Menurut Saiful, permukiman warga yang paling dekat berada 6 kilometer dari puncak Semeru, tepatnya di desa Sumbersari, Kecamatan Pronojiwo.

"Saat ini, sebagian mengungsi di masjid setempat. Awan panas sekarang mengarah ke Desa Curah Kobokan. Sementara arah angin mengarah ke daerah Sumbermujur, atau ke tenggara," ujar Saiful. Hingga saat ini aktivitas vulkanik masih terus berlangsung.

Baca Juga: Gunung Semeru Masih Fluktuatif, PVMBG: Erupsi Tidak Terus Menerus 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya