[BREAKING] Gunung Semeru Erupsi, Warga Mengungsi

Luncuran awan panas terpantau sudah sejauh 4,5 km

Surabaya, IDN Times - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi pada Sabtu (16/1/2020) sekitar pukul 17.10 WIB. Saiful Arifin (33), warga Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang mengatakan Semeru memuntahkan awan panas dengan jarak luncur hingga 4,5 kilometer ke arah Desa Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo. 

"Kondisi Semeru kan sudah berkabut, tiba-tiba luncuran awan sudah di tengah. Sudah di lerengnya semeru," kata Saiful saat dihubungi, IDN Times. "Sebenarnya kalau luncuran awan panas sering. Tapi kalau sampai sejauh ini, sepertinya baru kali ini."

Akibat kejadian ini, warga yang berada di beberapa desa di lereng gunung itu pun langsung mengungsi. Menurut Saiful, permukiman warga yang paling dekat berada 6 kilometer dari puncak Semeru, tepatnya di desa Sumbersari, Kecamatan Pronojiwo.

"Saat ini, sebagian mengungsi di masjid setempat. Awan panas sekarang mengarah ke Desa Curah Kobokan. Sementara arah angin mengarah ke daerah Sumbermujur, atau ke tenggara," ujar Saiful. Hingga saat ini aktivitas vulkanik masih terus berlangsung.

Baca Juga: Gunung Semeru Masih Fluktuatif, PVMBG: Erupsi Tidak Terus Menerus 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya