Kawal Pemilu: Prabowo Raih Suara di Atas Jokowi

Angka kemenangan tipis

Jakarta, IDN Times - Situs kawalpemilu.org sebagai pengawas pemilu independen, hingga Sabtu (20/4) pukul 13.44 WIB menampilkan hasil tabulasi dari data yang telah mereka terima.

Sebanyak 11.830.203 suara sah dan 201.750 suara tidak sah telah diterima situs tersebut per siang tadi. Dari angka tersebut, diketahui Prabowo berhasil mengungguli untuk sementara, calon presiden petahana Jokowi.

Baca Juga: KawalPemilu.org: Sempat Unggul, Perolehan Suara Prabowo Disusul Jokowi

1. Prabowo unggul sementara dari Jokowi

Kawal Pemilu: Prabowo Raih Suara di Atas JokowiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dari total suara di atas yang berhasil dikumpulkan oleh situs kawalpemilu.org, tercatat capres nomor urut 01 Prabowo mengantongi kemenangan sementara dengan perolehan suara sebanyak 5.929.953. Sementara capres nomor urut 01 Jokowi sedikit tertinggal di angka sebanyak 5.900.680 suara.

Data di atas diperoleh dari sebagian formulir C1 yang telah diterima situs kawalpemilu.org, yakni 77.116 TPS. Ini belum merupakan data final dan masih akan terus diproses.

 

 

2. Prabowo kebanyakan unggul di Provinsi Sumatera

Kawal Pemilu: Prabowo Raih Suara di Atas JokowiDok.IDN Times/Chalimatus Sa'diyah

Dari situs tersebut, tercatat angka kemenangan telak yang diperoleh pasangan Prabowo-Sandiaga berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Barat, dan Riau. Pasangan ini juga terlihat unggul di Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Banten meski dengan perbedaan angka tak terpaut banyak.

Sementara capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di wilayah-wilayah, seperti DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Utara.

3. Situs Kawal Pemilu terakreditasi Bawaslu

Kawal Pemilu: Prabowo Raih Suara di Atas JokowiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kawal Pemilu merupakan proyek urun daya (crowdsourcing) antara warganet pro data Indonesia yang didirikan tahun 2014 untuk menjaga suara rakyat di Pemilihan Umum. Kawal Pemilu resmi terakreditasi oleh Bawaslu RI dan tidak terafiliasi dengan pihak mana pun.

 

Baca Juga: Real Count KPU Pagi Ini, Jokowi-Ma’ruf Masih Unggul

Topik:

  • Elfida
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya