Mantan Ajudan Ungkap Habibie Pernah Hampir Diracun di Rumahnya

TB Hasanuddin tidur di kolong tempat tidur Habibie tiap hari

Jakarta, IDN Times - Mantan ajudan Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Mayor Jenderal TNI (Purn) TB Hasanuddin menceritakan ancaman-ancaman yang menyerang Habibie ketika baru diangkat menjadi presiden. Kala itu, dia menerima informasi bahwa ada kelompok yang berusaha meracuni Habibie di kediamannya.

"Waktu itu banyak info sampai misalnya bahwa akan ada yang meracuni (Habibie) di kediaman," ujar TB Hasanuddin dalam sambungan telepon bersama Kompas TV pada Rabu (11/9) malam.

Sebagai ajudan, Hasanuddin yang kala itu masih berpangkat kolonel mengawasi ketat Habibie dan keluarga. "Kami awasi, bahkan yang belanja ke pasar pun kami dampingi," katanya.

Dia pun mengungkap, sebuah informasi yang masuk kepadanya menyebut bahwa akan ada sekelompok prajurit liar melakukan penyerangan di malam hari. "Saya pun tidur di kolong tempat tidur Pak Habibie. Tugas saya selamatkan Presiden RI. Saya berpakaian training, bersenjata. Saat bapak mau ke toilet, saya bergeser, saya lihat raut wajah beliau tenang saja, tidak ada suatu tekanan," ungkapnya.

Hasanuddin mengaku banyak sekali cerita yang belum diungkapkan, termasuk kasus perkomplotan Pangkostrad kala itu.

"Mungkin dua jam, tiga jam, bisa habis cerita itu ya. Saya punya catatan tersendiri, sebagai ajudan tiap menit saya catat dan buku itu masih tersimpan dengan rapi. Fakta yang saya lihat langsung ada dalam buku catatan ajudan dan sekarang masih saya pegang," kata dia.

Ketika ditanya dari mana informasi-informasi ancaman terhadap Habibie diperoleh, Hasanuddin menjawab lugas. "Saya dapat info itu dari Kepala BAKIN, kalau sekarang itu Kepala BIN," ucapnya.

Baca Juga: Tiba di Kediaman Habibie, Yusuf Mansur: Wajah Almarhum Bersih Sekali

https://www.youtube.com/embed/ooHNupFPm-E

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya