Profil Syekh Ali Jaber, Usia 13 Tahun Jadi Imam Masjid di Madinah

Syekh Ali Jaber meninggal dunia Kamis pagi

Jakarta, IDN Times - Kabar duka datang dari ulama Syekh Ali Jaber. Syekh Ali Jaber meninggal dunia hari ini, Kamis (14/1/2021) pagi di Rumah Sakit Yarsi, Jakarta. 

Berita duka disampaikan oleh Ustaz Yusuf Mansyur di akun Instagram @yusufmansurnew. Yusuf Mansur menyebut, sebelum meninggal dunia Syekh Ali Jaber sempat mengalami kondisi kritis pada Rabu (13/1/2021) malam. Ia juga sempat memakai ventilator selama 16-17 hari lamanya di rumah sakit.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, kita semua berduka, Indonesia berduka, Syekh Ali berpulang ke Rahmatullah jam 8.30 tadi di RS Yarsi. Insha Allah beliau syahid, kurang lebih 16 hari sampai 17 hari di ventilator, dan semalam dikabari oleh Ust. Iskandar, dari dokter, Syekh Ali kritis," ujar Yusuf dalam unggahan di Instagramnya, Kamis.

"Saya juga sebar permohonan doa pada ustadz, ustadzah, kyai, para alim ulama, ke Aa Gym, ke teman-teman seluruh Nusantara, pimpinan-pimpinan pondok seluruh Indonesia, kondisinya kritis, sudah mau dipasangin alat jantung (Rabu malam)," tambahnya.

Syekh Ali Jaber merupakan sosok yang dikagumi dan dihormati sebagai pendakwah. Berikut ini profil Syekh Ali Jaber dikutip dari artikel “Mengenal Syekh Ali Jaber Lebih Dekat” sebagaimana diunggah syekhalijaber.com.

Baca Juga: [BREAKING] Sebelum Meninggal, Syekh Ali Jaber Sempat Kritis 

1. Sejak usia 13 tahun sudah menjadi imam di sejumlah masjid di Madinah

Profil Syekh Ali Jaber, Usia 13 Tahun Jadi Imam Masjid di MadinahSuasana Masjid Nabawi, Madinah di tengah pandemik COVID-19 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Syekh Ali lahir di Madinah pada 3 Shafar 1396 hijriah, bertepatan dengan 3 Februari 1976 masehi. Ia menamatkan studi ibtidaiyah (sekolah dasar) pada 1989 kemudian melanjutkan studi Tsnawaiyah (tamat 1992) dan Aliyah (1995). Semuanya ditamatkan di Madinah.

Sejak usia 13 tahun dia sudah menjadi imam di sejumlah masjid di Madinah. Anak pertama dari 12 bersaudara itu telah menjadi penghafal Al-Qur'an sejak muda. Ayahnya dikenal sangat keras dalam mendidik agama anak-anaknya.

2. Dapat kehormatan jadi WNI

Profil Syekh Ali Jaber, Usia 13 Tahun Jadi Imam Masjid di MadinahTangkapan Layar - Live Instagram Ahmad Alhabsyi dengan Syekh Ali Jaber (Instagram,com/ahmadalhabsyi_real)

Ayahnya ingin agar perjuangannya menyiarkan Islam diteruskan oleh Syekh Ali Jaber sebagai anak pertama. Di antara guru-guru agamanya adalah Ketua Majelis Tahfidz Masjid Nabawi Syekh Muhammad Ramadhan, Ketua Pengurus Makam Rasulullah Syekh Said Adam, dan Ulama Pakar Al-Qur'an di Madinah, Syekh Abdurrahman Kholil.

Sejak pertama kedatangannya di Indonesia pada 2008, dakwahnya mendapat respons yang baik dari masyarakat. Saking giatnya berdakwah dari kota hingga desa, pada 2011 dia akhirnya mendapat penghargaan kehormatan dengan menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Syekh Ali juga menikah dengan Umi Nadia, perempuan asli Lombok yang lama tinggal di Madinah.

Baca Juga: [BREAKING] Khofifah Kenang Syekh Ali Jaber Sosok Peduli Penyandang Disabilitas

3. Syekh Ali Jaber sempat dinyatakan positif COVID-19

Profil Syekh Ali Jaber, Usia 13 Tahun Jadi Imam Masjid di MadinahSyekh Ali Jaber [kanan] (instagram.com/@syekh.alijaber)

Syekh Ali Jaber sempat dinyatakan positif COVID-19 pada Desember 2020 lalu. Ia juga harus menjalani perawatan di rumah sakit. Namun, menurut akun @yayasan.syekhalijaber, Syekh Ali meninggal di Rumah Sakit Yarsi dalam keadaan negatif COVID-19.

"Di RS Yarsi hari ini, 14 Januari 2021, 1 Jumadil Akhir 1442 H jam 08.30 WIB dalam keadaan negatif COVID-19," tuturnya.

Baca Juga: [BREAKING] Innalillahi, Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia Hari Ini 

Topik:

  • Sunariyah
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya