Comscore Tracker

Syekh Ali Jaber, Sejak Kecil Jadi Hafiz dan Imam di Masjid Madinah

Selamat jalan Syekh Ali Jaber

Jakarta, IDN Times - Kabar Syekh Ali Jaber meninggal dunia hari ini, Kamis (14/1/2021) pagi di Rumah Sakit Yarsi, Jakarta menimbulkan duka mendalam. Tidak hanya di kalangan ulama, Syekh Ali Jaber dikenal luas masyarakat Indonesia.

Sejak menetap di Indonesia dan berdakwah Syekh Ali Jaber sangat dikagumi dan dihormati. Seperti apa sosok Syekh Ali Jaber? Berikut profil Syekh Ali Jaber dikutip dari artikel “Mengenal Syekh Ali Jaber Lebih Dekat” sebagaimana diunggah syekhalijaber.com.

1. Sejak usia 13 tahun sudah menjadi imam di sejumlah masjid di Madinah

Syekh Ali Jaber, Sejak Kecil Jadi Hafiz dan Imam di Masjid MadinahSuasana Masjid Nabawi, Madinah di tengah pandemik COVID-19 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Syekh Ali lahir di Madinah pada 3 Shafar 1396 hijriah, bertepatan dengan 3 Februari 1976 masehi. Ia menamatkan studi ibtidaiyah (sekolah dasar) pada 1989 kemudian melanjutkan studi Tsnawaiyah (tamat 1992) dan Aliyah (1995). Semuanya ditamatkan di Madinah.

Sejak usia 13 tahun dia sudah menjadi imam di sejumlah masjid di Madinah. Anak pertama dari 12 bersaudara itu telah menjadi penghafal Al-Qur'an sejak muda. Ayahnya dikenal sangat keras dalam mendidik agama anak-anaknya.

2. Dapat kehormatan jadi WNI

Syekh Ali Jaber, Sejak Kecil Jadi Hafiz dan Imam di Masjid MadinahTangkapan Layar - Live Instagram Ahmad Alhabsyi dengan Syekh Ali Jaber (Instagram,com/ahmadalhabsyi_real)

Ayahnya ingin agar perjuangannya menyiarkan Islam diteruskan oleh Syekh Ali Jaber sebagai anak pertama. Di antara guru-guru agamanya adalah Ketua Majelis Tahfidz Masjid Nabawi Syekh Muhammad Ramadhan, Ketua Pengurus Makam Rasulullah Syekh Said Adam, dan Ulama Pakar Al-Qur'an di Madinah, Syekh Abdurrahman Kholil.

Sejak pertama kedatangannya di Indonesia pada 2008, dakwahnya mendapat respons yang baik dari masyarakat. Saking giatnya berdakwah dari kota hingga desa, pada 2011 dia akhirnya mendapat penghargaan kehormatan dengan menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Syekh Ali juga menikah dengan Umi Nadia, perempuan asli Lombok yang lama tinggal di Madinah.

Baca Juga: Meninggal Dunia, 12 Potret Syekh Ali Jaber dengan Publik Figur

3. Syekh Ali Jaber sempat dinyatakan positif COVID-19

Syekh Ali Jaber, Sejak Kecil Jadi Hafiz dan Imam di Masjid MadinahSyekh Ali Jaber [kanan] (instagram.com/@syekh.alijaber)

Syekh Ali Jaber sempat dinyatakan positif COVID-19 pada Desember 2020 lalu. Ia juga harus menjalani perawatan di rumah sakit. Namun, menurut akun @yayasan.syekhalijaber, Syekh Ali meninggal di Rumah Sakit Yarsi dalam keadaan negatif COVID-19.

"Di RS Yarsi hari ini, 14 Januari 2021, 1 Jumadil Akhir 1442 H jam 08.30 WIB dalam keadaan negatif COVID-19," tuturnya.

Itulah profil Syekh Ali Jaber. Semoga Allah merahmati dan meninggikan derajat beliau.

Baca Juga: [BREAKING] Syekh Ali Jaber Berpesan Ingin Dimakamkan di Lombok 

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya