Comscore Tracker

[BREAKING] 4 Kasus Corona B117 Ditemukan di Sumut dan 3 Provinsi Ini

Kemenkes sebut 4 kasus itu sudah sembuh

Jakarta, IDN Times - Kasus varian baru virus Corona B117 sudah ditemukan di empat provinsi ini. Termasuk Sumatra Utara. 

Hal itu disampaikan Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi. Ada empat kasus yang muncul yakni di Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

"Kami sampaikan 4 kasus varian B117 saat ini sudah sembuh dan mereka sudah menjalani pengobatan dan tata laksana, mereka pada saat awal pemeriksaan PCR dinyatakan positif," ujar Nadia dalam konferensi pers dipantau YoutTube Kemenkes, Senin (8/2/2021) petang.

Nadia menerangkan empat kasus kasus positif COVID-19 mutasi virus corona dari Inggris tersebut ditemukan dari pemeriksaan Whole Genome Sequencing.

"Berdasarkan pemeriksaan Badan Litbangkes dan 16 laboratorium yang melakukan pemeriksaan Genome Sequencing, kami sampaikan jumlah kasus terkait B117 sebanyak 4 kasus dari pemeriksaan Genome Sequencing, saat ini," imbuh Nadia.

Nadia mengatakan Virus Corona adalah tipe virus RNA (ribonucleic acid) yang secara alami mudah mengalami mutasi dan mutasi memang merupakan kemampuan virus untuk bertahan hidup.

"Hingga saat ini, kami belum mendapatkan bukti ilmiah bahwa virus mutasi COVID-19 ini lebih tinggi tingkat keganasannya dibanding virus COVID-19 yang awal, namun, dari beberapa penelitian di negara lain menunjukkan varian virus baru ini lebih cepat menular,” imbuhnya.

Sumut sendiri saat ini baru menerapkan Penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro mulai 9 sampai 22 Maret 2021.

Ada enam kabupaten atau kota yang akan menerapkan PPKM mikro yakni, Kota Medan, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Langkat. Angka COVID-19 saat ini tembus 25.164 kasus.

Baca Juga: Enam Daerah di Sumut Ini PPKM Mikro Mulai 9 Maret

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya