Comscore Tracker

Ini 17 Daerah di Sumut yang Boleh Terapkan New Normal

Medan, Simalungun, dan Siantar masih zona merah!

Jakarta, IDN Times – Beberapa waktu lalu ada 102 kabupaten/kota yang masuk zona hijau dan mendapat restu dari Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Untuk menerapkan new normal atau kenormalan baru adalah daerah zona hijau dan kuning.

Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo dari 102 kabupaten/kota yang masuk zona hijau, yang bertahan di zona tersebut sebanyak 92 kabupaten/kota. Sementara, kabupaten/kota yang masuk zona kuning sebanyak 136. Sehingga, total wilayah yang terhitung penyebaran virus coronanya rendah dan masih aman sebanyak 228 kabupaten/kota.

Di Sumut ada 15 daerah yang masuk zona hijau dan dua daerah zona kuning. 

Namun, Doni menyampaikan wilayah tersebut bisa menerapkan tatanan new normal apabila sudah ada kesiapan dari daerah masing-masing. Maka, keputusan diserahkan kepada kepala daerah.

"Para bupati dan wali kota agar selalu melakukan konsultasi dan koordinasi yang ketat dengan gubernur sebagai kepala daerah provinsi sekaligus wakil pemerintah pusat di daerah," ujar Doni.

“Sehingga total kabupaten kota yang berada di zona hijau dan kuning berjumlah 228 kabupaten-kota atau 44 persen dari total kabupaten-kota secara nasional,” tambah Doni Monardo dalam keterangan tertulis, Selasa (9/6).  

Definisi zona hijau dan kuning yang ditetapkan oleh GTPPC19 merupakan wilayah dengan tingkat risiko penularan COVID-19 rendah.

1. Perkembangan status wilayah akan disampaikan setiap minggu

Ini 17 Daerah di Sumut yang Boleh Terapkan New NormalKetua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo saat menyerahkan bantuan di gedung Grahadi. Dokumentasi Humas Pemprov Jatim

Doni mengatakan perkembangan status wilayah akan disampaikan secara berkala kepada masyarakat setiap minggu.

"Pembukaan daerah menuju masyarakat aman dan produktif, tergantung kepada persiapan daerah dan dukungan masyarakat, serta diserahkan sepenuhnya kepada bupati dan walikota," ujarnya.

Baca Juga: [LINI MASA] Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di Sumatera Utara

2. Kepala daerah tetap libatkan pakar epidemiologi untuk mengambil keputusan

Ini 17 Daerah di Sumut yang Boleh Terapkan New NormalPelaksanaan rapid test acak di Pasar Beringharjo, Kamis (4/6). IDN Times/Tunggul Damarjati

Doni mengingatkan kepala daerah di tingkat kabupaten dan kota untuk selalu bermusyawarah dengan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dalam setiap pengambilan keputusan. 

Di samping itu, ia mengharapkan kepala daerah untuk melibatkan pentaheliks berbasis komunitas di daerah, seperti segenap komponen masyarakat, termasuk Ikatan Dokter Indonesia di daerah, pakar epidemiologi, pakar kesehatan masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, tokoh masyarakat, dan pakar di bidang ekonomi kerakyatan, tokoh pers di daerah, dunia usaha dan DPRD.

“Bupati dan walikota agar selalu melakukan konsultasi dan koordinasi yang ketat dengan gubernur sebagai kepala daerah provinsi, sekaligus wakil pemerintah pusat di daerah,” tambahnya. 

3. Peroses pelaksanaan melalui tahapan prakondisi

Ini 17 Daerah di Sumut yang Boleh Terapkan New NormalSosialisasi disampaikan kepada pihak hotel agar siap menyambut tamu dengan protokol kesehatan COVID-19 (Dok. IDN Times/Istimewa)

Doni mengatakan proses pelaksanaan ini harus melalui tahapan prakondisi, yaitu edukasi, sosialisasi, dan simulasi. Sesuai dengan kondisi dan karakteristik di masing-masing daerah, dan dilaksanakan secara gotong royong. 

“Tahapan-tahapan sosialisasi tersebut, tentunya harus bisa dipahami, dimengerti dan dipatuhi oleh masyarakat karena keberhasilan masyarakat aman dan produktif dan aman sangat tergantung kepada kedisiplinan masyarakat, dan kesadaran kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

4. Pemerintah daerah harus tetap siaga

Ini 17 Daerah di Sumut yang Boleh Terapkan New NormalHumas LRT Jakarta

Dia mengingatkan agar tetap bersiaga sehingga kerja keras yang telah berlangsung selama hampir tiga bulan tidak sia-sia. Kabupaten dan kota yang berada zona hijau dan kuning harus menyiapkan manajemen krisis, termasuk melakukan monitoring, dan evaluasi. 

“Dengan tetap melaksanakan testing yang masif, tracing yang agresif dan isolasi yang ketat, untuk memutus mata rantai penularan COVID-19,” ujarnya. 

Doni mengatakan jika dalam perkembangan ditemukan kenaikan kasus, Tim Gugus Tugas Kabupaten/Kota bisa memutuskan untuk melakukan pengetatan, atau penutupan kembali setelah berkonsultasi dengan Gugus Tugas Provinsi dan Gugus Tugas Pusat.

5. Berikut daftar 17 kabupaten-kota di Sumut yang masuk zona hijau dan kuning

Ini 17 Daerah di Sumut yang Boleh Terapkan New Normalilustrasi. Pasien sembuh dari COVID-19 ( ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Berikut adalah 15 Kabupaten atau kota yang masuk zona hijau di Sumut:

1. Nias Barat
2. Pakpak Bharat
3. Samosir
4. Tapanuli Utara
5. Nias
6. Padang Lawas Utara
7. Labuhanbatu Selatan
8. Kota Sibolga
9. Tapanuli Selatan
10. Humbang Hasundutan
11. Nias utara
12. Mandailing Natal
13. Padang Lawas
14. Kota Gunungsitoli
15. Nias selatan

Dua daerang yang masuk zona kuning:
1. Kota Padang Sidempuan
2. Tapanuli Utara

Baca Juga: Tes Swab Gratis, BTKLPP Targetkan 100 Orang di Sumut per Hari

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya