Niat dan Tata Cara Puasa Arafah, Kapan Umat Muslim Menjalankannya?

Ibadah ini sangat dianjurkan

Menyambut hari Iduladha pada 29 Juni mendatang, umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan puasa sunah Arafah. Ibadah puasa ini hukumnya sunah muakad, tak wajib dikerjakan namun sangat dianjurkan.

Puasa Arafah termasuk dalam rangkaian puasa sunah di bulan Zulhijah sebelum peringatan hari raya Iduladha yang jatuh pada tanggal 10 Zulhijah. Berikut adalah niat puasa Arafah, tata cara, dan waktu pelaksanaannya.

Baca Juga: Tata Cara, Niat Qadha Puasa Ramadhan, Bacaan Doa Ganti Utang Shiam

1. Anjuran menjalankan puasa Arafah bagi umat muslim yang belum mampu berhaji

Niat dan Tata Cara Puasa Arafah, Kapan Umat Muslim Menjalankannya?Pixabay/Abdullah_Shakoor

Dalam sebuah hadis riwayat sahih dikatakan:

Dari Ikrimah, ia mengatakan: “Aku masuk ke rumah Abu Hurairah lalu bertanya tentang puasa hari Arafah bagi jamaah haji yang sedang di Arafah.” Lalu Abu Hurairah menjawab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang puasa hari Arafah di Arafah” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Dari penggalan hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa puasa sunah Arafah sangat dianjurkan bagi umat muslim, kecuali mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji di Arafah.

2. Kapan pelaksanaan puasa Arafah?

Niat dan Tata Cara Puasa Arafah, Kapan Umat Muslim Menjalankannya?learnenglish.britishcouncil.org

Puasa Arafah dikerjakan pada tanggal 9 Zulhijah atau tepat sehari sebelum perayaan Iduladha. Momen ini juga bertepatan dengan pelaksanaan wukuf di Arafah bagi umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji.

dm-player

Karena pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Juli 2022, maka Puasa Arafah jatuh pada 9 Juli 2022. 1 Zulhijah 1443 Hijriah sendiri jatuh pada Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Ini 3 Tip Memilih Hewan Kurban yang Baik untuk Iduladha

3. Niat puasa Arafah dan tata caranya

Niat dan Tata Cara Puasa Arafah, Kapan Umat Muslim Menjalankannya?ilustrasi berdoa saat malam Nisfu Sya'ban (freepik.com/Freepik)

Pelaksanaan puasa Arafah pada dasarnya sama seperti puasa lainnya. Menahan diri dari lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbitnya matahari hingga terbenam nanti.

Bacaan niat puasa Arafah adalah sebagai berikut:

Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aalaa

Artinya:

Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah taala.

Berbeda dengan puasa Ramadan, niat puasa Arafah boleh dibaca pada saat sahur atau setelahnya. Bahkan apabila lupa, niat puasa Arafah bisa dibaca pada pagi hari dengan catatan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa termasuk makan dan minum.

Sudah ada niatan untuk mengerjakan puasa sunah Arafah? Yuk, raih keberkahan yang lebih banyak sebelum perayaan Iduladha tiba!

Baca Juga: 5 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Topik:

  • Elfida
  • Wendy Novianto
  • Septi Riyani
  • Febriyanti Revitasari
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Stella Azasya
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya