Comscore Tracker

Seram! Dua Pesawat Garuda Nyaris Bertabrakan di Bandara Soetta

Pilot diduga tidak memahami arahan dari ATC

Tangerang, IDN Times - Dua pesawat Garuda Indonesia nyaris bertabrakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/12) kemarin.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.00 WIB di salah satu jalan penghubung landasan pacu dengan apron atau taxiway.

Bermula saat pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA649 (PK-GMH) rute Ternate (TTE) - Bandara Soetta (CGK) baru saja mendarat di bandara. Sementara pesawat GA246 (PK-GRR) rute Bandara Soetta (CGK) - Banyuwangi (BWX), hendak lepas landas.

Baca Juga: Pramugari Bongkar Skandal Bos Garuda Ari Askhara Selama Memimpin

1. Pilot diduga tidak memahami arahan dari Air Traffic Controller (ATC)

Seram! Dua Pesawat Garuda Nyaris Bertabrakan di Bandara SoettaAcara Peluncuran Pesawat Garuda Airbus A330-900neo (IDN Times/Kevin Handoko)

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta (Soetta) Herson mengatakan, pilot pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA649 asal Ternate, disinyalir tidak memahami arahan dari Air Traffic Controller (ATC).

"Pesawat yang baru landing yang salah, tidak mendengar perintah tower (ATC), diduga karena kelelahan. Tetapi itu tidak mengganggu penerbangan yang lain, pesawat GA649 asal Ternate akhirnya di-towing keluar dari taxiway untuk menuju apron," jelas Herson, saat dihubungi IDN Times, Jumat (13/12).

2. Kedua pesawat sudah dalam posisi berhadapan hampir tabrakan

Seram! Dua Pesawat Garuda Nyaris Bertabrakan di Bandara SoettaAcara Peluncuran Pesawat Garuda Airbus A330-900neo (IDN Times/Kevin Handoko)

Herson mengatakan, seharusnya pesawat dengan GA649 asal Ternate tersebut masuk ke jalur NP2, sesuai instruksi yang diberikan ACT. Di sisi lain, pesawat GA246 hendak take off dan sudah berada di NP2.

"Sehingga membuat kedua pesawat dalam kondisi berhadapan (head on)," ujarnya.

3. Tabrakan berhasil dihindari karena kedua pesawat berjalan pelan

Seram! Dua Pesawat Garuda Nyaris Bertabrakan di Bandara SoettaIDN Times/Sunariyah

Masih kata Herson, tabrakan antar pesawat tidak terjadi karena jalannya sama-sama pelan, dan insiden itu saat ini tengah diinvestigasi.

"Sebagai tindak lanjut kejadian tersebut, saat ini sedang dilakukan investigasi terhadap kejadian ini. Sesudah ditarik mundur pesawatnya (GA649), semua normal kembali," ucap Herson.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Bangga! Arif Mak Beti Raih Penghargaan WebTV Asia Award di Vietnam

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya