Comscore Tracker

Surat Perceraian Sukarno-Inggit Dijual di Instagram, Cucunya Mengakui

Pewaris sebut Pemprov Jabar tak berniat mengambil alih

Bandung, IDN Times - Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno pernah menikahi Inggit Garnasih. Namun pernikahan itu kandas. Nah, ternyata surat perceraian itu diperjualbelikan di media sosial.

Adalah akun instagram @popstoreindo awalnya terlihat mem-posting. Namun setelah ditelusuri unggahan soal jual beli dokumen perceraian Sukarno dan Inggit Garnasih sudah tidak ditemukan.

1. Pewaris sebut dokumen tersebut asli dan murni milik pribadi

Surat Perceraian Sukarno-Inggit Dijual di Instagram, Cucunya Mengakui(Dokumen cerai Soekarno-Inggit Garnasih) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Meski sudah dihapus, Seorang pewaris dokumen tersebut, yang juga cucu angkat Inggit Garnasih, Tito Z Harmain mengatakan, kabar tersebut benar adanya, dokumen perceraian antara Sukarno dan Inggit Garnasih dijual lantaran bukan dokumen negara.

"Saya penanggung jawab barang, tapi ini bukan dokumen negara," ujar Tito saat ditemui di kediamannya di kelurahan Margahayu Utara, Kamis (24/9/2020).

2. Disebut dokumen pribadi lantaran pemerintah tidak mengakui

Surat Perceraian Sukarno-Inggit Dijual di Instagram, Cucunya Mengakui(Rumah Inggit Garnasih) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Tito menjelaskan, sebelumnya dokumen tersebut sempat akan diambil alih oleh pihak pemerintah Provinsi Jawa Barat, hanya saja hal tersebut tak kunjung ditangani. Menurutnya, dengan keputusan yang belum jelas tersebut, ia menganggap bahwa dokumen murni milik pribadi.

"Surat tersebut awal berdasarkan surat pembatalan penolakan surat ini yang akan di kompensasi pemda ternyata dibatalkan dan dinyatakan tidak berniat," ungkapnya.

Baca Juga: Biografi Zainul Arifin, Tertembak saat Salat Berjamaah Bersama Sukarno

3. Sempat ingin diakui Gubernur Raden Nana Nuriana

Surat Perceraian Sukarno-Inggit Dijual di Instagram, Cucunya Mengakui(Cucu Inggit Garnasih, Tito Z Harmain) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Keputusan menjual dokumen tersebut menurutnya sudah berdasarkan keputusan pemerintah yang belum memberikan kabar pasti terkait biaya kompensasi hingga saat ini. Adapun Gubernur yang sempat ingin merawat dan menjadikan dokumen tersebut adalah Raden Nana Nuriana.

"Saya berhak untuk apapun terhadap dokumen ini, gak peduli dengan pemerintah karena pemerintah sudah menolak," katanya.

4. Sempat dianggarkan untuk biaya kompensasi, namun tak kunjung disetujui

Surat Perceraian Sukarno-Inggit Dijual di Instagram, Cucunya Mengakui(Cucu Inggit Garnasih, Tito Z Harmain) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Disinggung soal kelanjutan dari kesepakatan mantan Gubernur Raden Nana Nuriana tersebut seperti apa, Tito mengaku bahwa saat itu sudah masuk dalam anggaran bahwa dokumen tersebut akan menjadi milik negara, namun hal tersebut hanya angin surga belaka.

"Kalau dinas di bawah pemda. ini gubernurnya sendiri sempat diajukan jadi barang milik negara," kata dia.

Baca Juga: Mengenal Dua Lokasi Pengasingan Sukarno di Sumatera Utara

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya