Comscore Tracker

Jual Surat Cerai Soekarno-Inggit, Pewaris Ingin Bangun Klinik

Cucu angkat: Ada cita-cita ibu Inggit yang belum terwujud

Bandung, IDN Times - Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno pernah menikahi Inggit Garnasih. Namun pernikahan itu kandas. Nah, ternyata surat perceraian itu diperjualbelikan di media sosial.

Adalah akun instagram @popstoreindo awalnya terlihat mem-posting. Namun setelah ditelusuri unggahan soal jual beli dokumen perceraian Sukarno dan Inggit Garnasih sudah tidak ditemukan.

Alasan penjualan surat perceraian Soekarno dan Inggit Garnasih di media sosial Instagram terkuak. Seorang pewaris dokumen, yang juga cucu angkat Inggit Garnasih, Tito Z Harmain menyebut, dokumen dijual untuk mewujudkan cita-cita ibu Inggit yang belum terlaksana.

Pria yang akrab dengan sapaan Tito tersebut mengatakan, sampai saat ini dokumen perceraian tersebut merupakan dokumen sejarah pribadi dan bukan milik negara.

1. Ibu Inggit meminta dokumen tersebut dirawat

Jual Surat Cerai Soekarno-Inggit, Pewaris Ingin Bangun Klinik(Rumah Inggit Garnasih) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Tito menjelaskan, pada awalnya, pada tahun 1980-1981, ibu Inggit menyerahkan langsung dokumen tersebut kepadanya untuk untuk disimpan. Dokumen berisi dua bendel tersebut pun akhirnya ia simpan dengan baik. Namun berjalannya waktu, dokumen sempat di minta oleh salah satu yayasan. Namun ia tetap tidak memberikannya.

"Benda itu sempat di minta, saya tidak serahkan karena bu Ingit minta saya rawat dan simpan awalnya. Diminta buat yayasan. Makanya benda sampai sekarang ada pada saya," ujar Tito saat ditemui di kediamannya di kelurahan Margahayu Utara, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: 5 Zodiak Cewek Ini Friendly Banget, Banyak Cowok Jadi Sahabatnya

2. Dokumen tersebut asli bukan replika

Jual Surat Cerai Soekarno-Inggit, Pewaris Ingin Bangun Klinik(Cucu Inggit Garnasih, Tito Z Harmain) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Selama disimpan, Tito mengaku barang tersebut sempat dipublikasikan di beberapa museum luar negeri. Ia juga menegaskan bahwa dokumen tersebut memang asli dan bukan replika. Semua tanda tangan dari Soekarno dan beberapa saksi juga ada.

"Memang betul ibu Inggit dulu pernah jadi istri bung karno, bukti otentik ada surat perceraian ditandatangi bung karno bu Inggit, Hatta dan beberapa lainnya," ungkapnya.

3. Dijual untuk mendirikan klinik melahirkan dan fasilitas masyarakat

Jual Surat Cerai Soekarno-Inggit, Pewaris Ingin Bangun Klinik(Dokumen cerai Soekarno-Inggit Garnasih) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sedangkan anak Tito, Galuh Mahesa mengatakan, dokumen tersebut seharusnya di ambil oleh negara dan dijadikan barang milik negara. Dokumen dijual bukan untuk konsumsi pribadi, melainkan untuk melanjutkan cita-cita ibu Inggit.

"Kita itu pengennya ada konpensasi wasiat bu inggit buat klinik untuk lahiran, uang dipakai untuk kepentingan masyarakat," katanya.

4. Berharap menjadi dokumen negara

Jual Surat Cerai Soekarno-Inggit, Pewaris Ingin Bangun Klinik(Dokumen cerai Soekarno-Inggit Garnasih) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Setelah sempat diposting di sosial media, penawaran saat ini terus berdatangan. Namun ia berharap pemerintah bisa mengambil alih dan dijadikan dokumen negara. Beberapa waktu lalu, Ia menyebut, dokumen tersebut sempat dipamerkan beberapa negara.

"Kita pengen di Indonesia sebagai warisan. Tapi dulu ada penolakan dari DPRD. wah kita mikir gak ada jadinya mungkin kita mikir ada yang berminta karena ada wasiat bu Inggit buat fasilitas maayarakat," kata dia.

Baca Juga: Sunarto Tiba-tiba Pulang ke Rumah 6 Jam Setelah Dimakamkan Keluarga

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya