Comscore Tracker

Hari Ini, Jokowi Launching Subsidi Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta

Untuk tahap pertama akan segera ditransfer

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira untuk calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk para pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta. Kamis (27/8/2020) hari ini,  Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan meluncurkan program tersebut. Nantinya para pekerja dalam tahap 1 yang sudah memenuhi syarat akan menerima transferan uang Rp600 ribu per bulan.

"Insya Allah akan diagendakan launcing bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah besok pada Kamis, 27 Agustus oleh Presiden RI," kata Ida di DPR secara virtual, Rabu (26/8/2020).

1. Administrasi penerima transfer bantuan tahap pertama tengah disiapkan

Hari Ini, Jokowi Launching Subsidi Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 JutaMenteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah saat menyampaikan Pengumuman Program Bantuan Subsidi Upah pada Senin, 10 Agustus 2020 di Istana Kepresidenan Jakarta (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menurut Ida saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan administrasi untuk proses tranfser bantuan tahap pertama. Dia mengatakan tahap transfer pertama akan dilakukan akhir Agustus ini.

Berdasarkan data yang dia miliki, hingga 24 Agustus 2020 lalu sudah ada 2,5 juta rekening calon penerima bantuan dari BP Jamsostek. "Kami rencanakan dilakukan per batch (gelombang)-nya per minggu sekurang-kurangnya 2,5 juta rekening per batch per minggu akan kami lakukan (transfer)," tuturnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Gaji di Bawah Rp5 Juta, Ini Syarat Dapat Subsidi Rp600 Ribu

2. Anggaran untuk program ini Rp37,8 triliun

Hari Ini, Jokowi Launching Subsidi Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 JutaIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp37,8 triliun untuk program baru BLT Rp600 ribu. Bantuan tersebut akan disalurkan kepada 15,7 juta pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta serta terdaftar pada BP Jamsostek per Juni 200.

Nantinya uang tersebut akan diberikan secara bertahap selama empat bulan, penerima bantuan akan menerima Rp600 ribu setiap pencairannya, sehingga total yang diterima senilai Rp2,4 juta.

3. Perusahaan diminta segera menyerahkan rekening pekerjanya

Hari Ini, Jokowi Launching Subsidi Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 JutaYoutube IDN Times

Sebelumnya, diberitakan Ida mengingatkan agar perusahaan segera menyerahkan data rekening pekerjanya. Perusahaan yang tidak menyerahkan data rekening pekerjanya akan diberikan sanksi administrasi berupa teguran sampai pada penghentian pelayanan publik.

Subsidi upah merupakan program stimulus yang dikoordinasikan dan dibahas bersama Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian BUMN, Kemnaker, Kemenkeu, dan BPJS Ketenagakerjaan pada 2020.

Baca Juga: Data BPJAMSOSTEK, Sudah 7,5 Juta Pekerja Penuhi Syarat Terima BSU

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya