Comscore Tracker

Menteri Erick Thohir: BUMN Ini Bukan Badan Usaha Milik Nenek Lu

Dia ingin bos BUMN tak berprilaku layaknya pemilik

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Mililk Negara (BUMN) Erick Thohir nampaknhya agak geram dengan prilaku para bos BUMN yang berprilaku korup.

Saat menghadiri acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2020 di hadapan para petinggi BUMN dan para pengusaha, Erick Thohir berpesan agar para petinggi perusahaan pelat merah berprilaku layaknya pengelola, bukan pemilik perusahaan.

"BUMN kadang-kadang dipersepsikan yang salah, bahwa kita ini pemilik. Ini yang selalu kita betulkan. Badan usaha milik negara, bukan badan usaha milik nenek lu, karena itu artinya pribadi," katanya di Jakarta, Rabu (26/2).

1. Ada batasan untuk perusahaan BUMN mengambil keputusan

Menteri Erick Thohir: BUMN Ini Bukan Badan Usaha Milik Nenek LuMenteri BUMN Erick Thohir (IDN Times/Shemi)

Dia mengatakan karena BUMN ialah pengelola aset, maka ada batasan dalam mengambil keputusan. Hal itu tentu berbeda dengan swasta.

"Jelas kita pengelola kalau pengelola ada batasan-batasan tidak bisa kita cemburu seperti Pak CT (Chairul Tanjung) pengelola perusahaannya karena itu pribadi," ujarnya.

Baca Juga: Tak Mau Ditekan PA 212, Ini Respons Erick Thohir soal Ahok

2. Erick Thohir akan memecat bos BUMN yang menggerogoti perusahaan BUMN

Menteri Erick Thohir: BUMN Ini Bukan Badan Usaha Milik Nenek LuMenteri BUMN Erick Thohir (IDN Times/Shemi)

Selanjutnya, mantan bos Inter Milan itu mengancam akan memecat bos-bos BUMN yang menggerogoti perusahaan pelat merah dari dalam.

“Saya pastikan direksi BUMN yang mau membangkrutkan BUMN saya copot,” ujarnya.

3. Erick ingin perusahaan BUMN bisa bersaing di pasar global

Menteri Erick Thohir: BUMN Ini Bukan Badan Usaha Milik Nenek LuMenteri BUMN Erick Thohir dalam acara FHCI di Kantor Pusat Pertamina (IDN Times/Shemi)

Erick berencana membangun ekosistem bisnis perusahaan BUMN. Dengan begitu, dia berharap perusahaan pelat merah bisa bersaing secara global.

“Kalau saya sudah bangun ekosistem, ayo sama-sama bersaing membangun Indonesia menjadi negara maju, sehingga kita bersaing dengan perusahaan-perusahaan asing,” ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Dikritik Erick Thohir, Telkom Isyaratkan Bakal Genjot Sektor Digital

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya