Comscore Tracker

Tegas! Erick Thohir Larang Direksi BUMN Naik Pesawat Kelas Bisnis

Tapi hanya untuk direksi BUMN yang merugi saja

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir terus memperketat peraturan di perusahaan pelat merah. Selain melarang perusahaan BUMN mendirikan anak usaha, cucu hingga cicit, ia juga meminta direksi yang kinerja perusahaannya merugi tidak menggunakan pesawat kelas bisnis ketika melakukan perjalanan dinas.

"Untuk BUMN yang rugi agar menggunakan kelas ekonomi dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan dan kenyamanan penyedia jasa penerbangan," tulis Erick Thohir dalam surat edaran Nomor SE-9/MBU/12/2019 tentang Penerapan Etika dan/atau Kepatutan dalam Rangka Pengurusan dan Pengawasan Perusahaan yang diteken tanggal 12 Desember 2019.

1. Upaya untuk menciptakan perusahaan BUMN yang bersih

Tegas! Erick Thohir Larang Direksi BUMN Naik Pesawat Kelas BisnisIDN Times / Istimewa

Ia mengatakan maksud dan tujuan penerbitan surat edaran ini sebagai upaya untuk menciptakan BUMN yang bersih dan bermartabat, efisien serta mengutamakan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik yang diwujudkan dalam penerapan etika dan kepatutan dalam rangka pengurusan dan pengawasan perusahaan.

Baca Juga: Erick Thohir Larang BUMN Berikan Suvenir dan Sejenisnya Saat RUPS

2. Direksi, dewan komisaris dan dewan pengawas BUMN dilarang melanggar etika

Tegas! Erick Thohir Larang Direksi BUMN Naik Pesawat Kelas BisnisIDN Times / Istimewa

Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa direksi dewan komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN diminta untuk senantiasa menjaga tindakan agar tidak melanggar etika dan atau kepatutan yang seharusnya dihormati sebagai anggota direksi dan dewan komisaris atau dewan pengawas dalam melakukan pengurusan dan pengawasan perusahaan.

"Pelaksanaan etika atau kepatutan yang seharusnya dihormati itu berlaku untuk kegiatan yakni perjalanan dinas yang harus dilaksanakan dengan memperhatikan aspek efektivitas, efisiensi, selektivitas, serta mengedepankan kepentingan kemampuan perusahaan," tulis surat tersebut.

3. BUMN yang memiliki kinerja baik dapat menggunakan kelas bisnis

Tegas! Erick Thohir Larang Direksi BUMN Naik Pesawat Kelas BisnisIDN Times / Auriga Agustina

Sementara untuk BUMN yang memiliki kinerja baik dapat menggunakan kelas yang lebih tinggi dari kelas ekonomi (maksimal kelas bisnis) dengan tetap memperhatikan prinsip kewajaran serta kebutuhan dan kemampuan BUMN.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Erick Thohir Tanggapi Soal 7 BUMN yang Rugi Meski Sudah Disuntik Modal

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya