Comscore Tracker

Ini Wujud Uang Rp75 Ribu yang Resmi Diluncurkan di Hari Kemerdekaan

Edisi khusus kemerdekaan

Jakarta, IDN Times - Memperingati HUT Kemerdekaan ke-75 RI, pemerintah resmi meluncurkan uang nominal Rp75 ribu. Uang edisi khusus itu bergambar Sukarno dan Hatta.

Uang Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki ornamen tersendiri, pada bagian depan diwarnai oleh gambar peristiwa proklamasi tahun 1945. Serta hasil capaian Indonesia khususnya bidang infrastruktur. Pada bagian belakang uang rupiah edisi khusus ini menggambarkan kebhinekaan dengan visual penerus bangsa, yang menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah dan tanggap akan kemajuan teknologi digital.

Kemudian tampak foto Ir. Sukarno dan Mohammad Hatta dalam uang kertas tersebut.

Peresmian tersebut dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo secara virtual.

"Alhamdulillahirabbilamin, sebagai wujud rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil-hasil pembangunan yang begitu banyak selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia, pemerintah dan BI mempersembahkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI dalam bentuk uang kertas pecahan Rp75 ribu," katanya melalui video virtual.

Dia menambahkan pengeluaran uang kertas tersebut sebagai bentuk tekad dan optimistis Indonesia menyongsong masa depan yang gemilang, menuju Indonesia maju dengan kebinekaan dan sumber daya yang unggul.

Di saat bersamaan, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Uang Peringatan Kemerdekaan Republik ndonesia ini merupakan sebuah peringatan yang diabadikan dalam sebuah uang kertas yang menggambarkan keragaman Indonesia, sekaligus pencapaian selama 75 tahun menjaga kemerdekaan.

"Kita bangga terhadap pencapaian ini," tuturnya.

Baca Juga: Jalan Terjal Fatmawati, Istri Presiden Sukarno yang Ogah Dimadu

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya