Comscore Tracker

Jangan Lakukan 5 Hal Ini atau Status Kewarganegaraan Kamu Hilang

Pemerintah tolak pemulangan ISIS eks WNI

Jakarta, IDN Times - Kontroversi soal pemulangan eks anggota ISIS ke tanah air mencuat. Ada sekitar 600 anggota ISIS yang disebut negara eks Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin pulang ke Indonesia.

Namun negara dengan tegas melarang mereka kembali dan tidak mau bertanggung jawab atas pemulangan ini. Soalnya pemerintah beranggapan status warga negara mereka telah dicabut seiring dengan keputusan gabung menjadi anggota ISI. 

Apa saja yang bisa membuat status kewarganegaraan kamu hilang? Ini 5 hal tersebut.

1. Memperoleh status kewarganegaraan lain atas kemauan sendiri

Jangan Lakukan 5 Hal Ini atau Status Kewarganegaraan Kamu HilangUnsplash/Nicole Geri

Mengutip beberapa sumber, status kewarganegaraan bisa hilang jika WNI memperoleh status kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri. Sebab Indonesia tidak menganut sistem kewarganegaraan ganda.

2. Masuk dalam dinas tentara asing dan mengangkat sumpah kepada negara asing

Jangan Lakukan 5 Hal Ini atau Status Kewarganegaraan Kamu HilangUnsplash/Stijn Swinnen

Status warga negara Indonesia juga akan otomatis hilang jika seorang WNI secara sukarela masuk dinas tentara asing tanpa izin presiden.

Selain itu WNI yang secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing juga bisa hilang status kewarganegaraannya.

Faktor lain yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan adalah turut serta dalam pemilihan umum di negara asing padahal tidak ada kewajiban untuk mengikutinya.

Baca Juga: Langkah Pemerintah Tidak Pulangkan ISIS Eks WNI Dinilai Sudah Tepat

3. Mempunyai paspor dari negara asing

Jangan Lakukan 5 Hal Ini atau Status Kewarganegaraan Kamu HilangIDN Times/Alfi Syahrin

Mempunyai paspor dari negara asing atau surat yang dapat diartikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masih berlaku dari negara lain atas namanya juga bisa menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan.

4. Tinggal di luar wilayah Indonesia selama 5 tahun bukan karena dinas

Jangan Lakukan 5 Hal Ini atau Status Kewarganegaraan Kamu HilangAmerika (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Faktor lain yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan adalah bertempat tinggal di luar wilayah negara Indonesia selama 5 tahun terus menerus bukan dalam rangka dinas negara dan tanpa alasan yang sah.

Jika kamu ingin tinggal selama 5 tahun di luar wilayah Indonesia dan tetap ingin menjadi WNI, maka kamu harus mengajukan pernyataan ingin tetap menjadi WNI kepada perwakilan Republik Indonesia di tempat yang bersangkutan.

5. Status kewarganegaraan hilang atas permohonannya bila sudah berusia 18 tahun

Jangan Lakukan 5 Hal Ini atau Status Kewarganegaraan Kamu Hilanginstagram.com/ditjen_imigrasi

Warga Negara Indonesia dinyatakan hilang kewarganegaraannya atas permohonannya sendiri, namun hal itu sah apabila yang bersangkutan sudah berusia 18 tahun atau sudah kawin, bertempat tinggal di luar negeri.

Baca Juga: Moeldoko: Anggota ISIS eks WNI Berstatus Stateless

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya