Comscore Tracker

IMS 2020: Mengenal Arief Muhammad, Dari Pocong Jadi Entrepreneur Muda

Arief Muhammad akan mengisi IMS 2020

Kamu kaum millennial tentu gak asing dengan nama Arief Muhammad. Dia adalah yang dulu dikenal dengan Si Pocong.

Pocong yang dimaksud adalah akun twitter @poconggg yang kerap melontarkan cuitan-cuitan galau nan kocak. Namun setelah identitasnya diketahui Arief Muhammad kini merambah dunia content creator.

Cowok kelahiran 26 Oktober 1990 juga sukses merambah dunia bisnis dan menjadi entrepreneur muda. Berikut profil dan perjalanan karier Arief Muhammad yang sudah IDN Times rangkum. 

1. Mengawali karier melalui Twitter sebagai alter ego @poconggg

IMS 2020: Mengenal Arief Muhammad, Dari Pocong Jadi Entrepreneur MudaInstagram.com/ariefmuhammad/

Pada tahun 2009, Arief membuat akun Twitter hanya untuk iseng-iseng semata. Ia membuat akun dengan username @poconggg. Meski sudah banyak yang mengikuti akun tersebut, Arief tetap tidak membuka identitasnya kepada publik. 

Akun @poconggg sering mengunggah cuitan galau nan kocak, dan tentunya berhubungan dengan karakter 'pocong' itu sendiri. Sampai pada akhirnya, pemilik akun ini diketahui publik. Meski sempat hilang beberapa saat dari dunia Twitter, Arief kembali dengan identitas aslinya. 

Berkat @poconggg pula, Arief bisa membuat sebuah buku berjudul Poconggg Juga Pocong (2011). Tidak berhenti sampai disitu, bukunya yang sempat laris di pasaran berhasil diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Dan Arief dipercaya sebagai penulis skenarionya.

2. Tetap berkiprah sebagai content creator melalui YouTube

IMS 2020: Mengenal Arief Muhammad, Dari Pocong Jadi Entrepreneur MudaInstagram.com/ariefmuhammad/

Arief Muhammad kembali memberikan karya terbaiknya kepada penggemar. Pada tahun 2012, ia mulai mencoba peruntungan sebagai YouTuber. Kontennya sendiri berputar tentang daily vlog, travel vlog, serta tips dan trik dunia bisnis. 

Sampai saat ini, akun YouTube Arief Muhammad sudah memiliki 2,22 juta subscriber. Berkat YouTube ini pula, Arief diundang langsung oleh Presiden Joko Widodo ke istana negara. Konten-kontennya dianggap mendidik dan membawa dampak positif untuk anak muda. 

Sampai saat ini, Arief masih aktif membagikan konten-konten kreatif nan mendidiknya di YouTube. Ia juga aktif membagikan kesehariannya melalui Instagram dan Twitter. Arief masih setia membagikan cuitan dan story kocaknya kepada penggemar. 

Baca Juga: 10 Potret Liburan Kece Arief Muhammad, Bikin Pengin Langsung Cuti

3. Jadi entrepeneur muda yang sukses dengan berbagai bisnis

IMS 2020: Mengenal Arief Muhammad, Dari Pocong Jadi Entrepreneur MudaInstagram.com/ariefmuhammad/

Cowok kelahiran Batam ini tidak serta merta terlena dengan kehidupannya saat ini. Meski sukses sebagai content creator dan influencer, Arief tetap mengeksplor dirinya. Ia bersama sang istri membangun berbagai bisnis yang cukup sukses.

Mulai dari Oppai Yakitori, Cakekinian, Ternak Indekos, dan bisnis lainnya yang dikelola bersama Tipang. Bisnis kue Cakekinian yang ia bangun juga mendapat animo tinggi dari masyarakat. Pada awal perilisan, kue hits tersebut selalu cepat terjual habis. Hingga sekarang, Arief sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di Indonesia.

Tidak sampai di situ, Arief juga membuat indekos ekslusif dibilangan Yogyakarta. Dengan fasilitas premium, kos tersebut memang disasarkan untuk kalangan menengah ke atas. Sedangkan Tipang, sang istri juga cukup sukses dengan bisnis sepatu dan buku planner.

4. Hobi traveling ke berbagai destinasi menarik

IMS 2020: Mengenal Arief Muhammad, Dari Pocong Jadi Entrepreneur MudaInstagram.com/ariefmuhammad/

Pasangan suami istri ini memang mempunyai hobi traveling. Apalagi di tahun-tahun awal mereka menikah. Mulai dari mengelilingi Indonesia, sampai dengan Amerika. Bulan madu mereka itu diabadikan melalui video-video di YouTube. 

Meski gaya hidupnya terlihat mewah, hal itu tentu berbanding lurus dengan kesuksesan dan usaha yang Arief raih. Bahkan ia pernah menjadi ambassador dari brand Erigo dan melakukan tur keliling Amerika untuk pemotretan, lho!

5. Sedang menunggu kelahiran buah hatinya yang pertama

IMS 2020: Mengenal Arief Muhammad, Dari Pocong Jadi Entrepreneur MudaInstagram.com/ariefmuhammad/

Arief dan Tipang sudah menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih sejak tahun 2012. Pada saat itu, Arief belum memiliki kesuksesan dan ketenaran seperti saat ini. Bahkan keduanya lulus dari kampus yang sama, yaitu Universitas Trisakti.

Setelah cukup lama berpacaran, Arief melamar Tipang pada November 2015. Momen romantis lamaran mereka juga diabadikan Arief di YouTube. Pada Februari 2016, mereka resmi bertunangan.

Ditahun yang sama pada bulan September, Arief dan Tipang resmi menikah dengan memadukan adat Padang-Jawa. Setelah lama menunggu momongan, akhirnya Arief mengumumkan kehamilan sang istri pada 1 Desember 2019.

Berawal dari cuitan isengnya, Arief berhasil menjadi salah satu influencer muda yang berbakat. Arief berhasil masuk dalam jajaran The Prestige 40 Under 40 List For 2019 untuk Majalah Prestige edisi Oktober 2019. Sukses terus untuk karier Arief ke depannya!

Arief Muhammad menjadi pembicara dalam sesi “The Big Hit: How Can I Go There” di acara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Media. Arief akan tampil di panggung "Talent Trifecta” by IDN Times, pada hari Jumat, 17 Januari 2020 di Gedung Tribrata, Jakarta.

Indonesia Millennial Summit 2020 adalah pertemuan independen para pemimpin millennial mengusung tema “Shaping Indonesia’s Future”. IMS 2020 digelar di Gedung Tribrata, Dharmawangsa Jakarta Selatan selama dua hari, 17 dan 18 Januari 2020. Acara ini menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten yang memiliki visi membangun Indonesia di masa depan. Dalam IMS 2020 diluncurkan pula Indonesia Millennial Report 2020 by IDN Research Institute.

Baca Juga: Bak Masih Pacaran, 10 Potret Mesra Influencer Arief Muhammad dan Istri

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You