Comscore Tracker

Cerita BJ Habibie yang Gak Pernah Suka Menulis dengan Tinta Hitam

Pulpen tinta biru dan merah selalu disiapkan pengawalnya

Jakarta, IDN Times - Banyak kenangan indah yang ditinggalkan almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie untuk orang-orang terdekatnya. Salah satu kebiasaan uniknya adalah tidak suka menggunakan pulpen hitam.

Baik itu dalam menulis, maupun mengoreksi tulisan, Presiden ke-3 RI itu selalu menggunakan pena berwarna biru dan merah.

Sehingga pengawal pribadinya selalu membawa pulpen tinta merah dan biru pada saat bertugas. Seperti diceritakan Albiner Sitompul, mantan pengawal pribadi Habibie. 

”Kalau Bapak itu nulis, koreksi selalu pulpen merah, jadi saya ngantongin warna merah dengan warna biru, Beliau gak suka hitam, tapi biru,” ujar Albiner dalam wawancara bersama Kompas TV, Kamis (12/9).

Namun, Albiner tidak menjelaskan alasan mengapa Habibie lebih menyukai pulpen bertinta merah dan biru.

Bagi Sitompul, Habibie adalah seorang guru. Suatu ketika mereka bepergian ke Hamburg, Jerman, untuk mendatangi pabrik pesawat. Di sana, Sitompul bertanya tentang hal yang berkaitan dengan cara kerja toilet yang ada di pesawat, dan Habibie memberi jawaban untuk pertanyaan tersebut.

BJ Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Habibie meninggal karena faktor usia dan gagal jantung.

Sebelum tutup usia, Habibie sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 2 September lalu. Jenazah Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada pukul 14.00 WIB.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan memimpin langsung upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut. Jenazah Habibie akan dikebumikan di samping pusara istrinya, Ainun Habibie.

Baca Juga: BJ Habibie Dimakamkan, Jokowi Pimpin Penimbunan Liang Lahatnya

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You