Hari Ini Wukuf di Arafah, Begini Kondisi Jemaah Haji Indonesia

Sudah diberangkatkan sejak Jumat pagi

Jakarta, IDN Times – Puncak dari ibadah haji adalah wukuf di Arafah, Sabtu (10/8). Para jemaah haji tak terkecuali dari Indonesia sudah berada di Arafah sejak Jumat (9/8).

Dikutip dari Antara, Kepala Daerah Kerja Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, Subhan Cholid mengatakan sudah siaga memfasilitasi jemaah haji Indonesia melakukan wukuf.

“Pagi ini mulai diberangkatkan jemaah ke Arafah dan di sana sudah ada petugas-petugas kita yang diberangkatkan Kamis (8/8) malam,“ ujar Subhan kepada Antara.

1. Jemaah menempati tenda-tenda sesuai ketentuan

Hari Ini Wukuf di Arafah, Begini Kondisi Jemaah Haji IndonesiaANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H Burhnul Islam, mengatakan bahwa jemaah calon haji Kota Mataram dijadwalkan mulai berangkat ke Arafah untuk wukuf pada Jumat (9/8), informasi ini didapatkan dari para petugas haji yang sedang mendampingi jemaah.

Pemberangkatan jemaah ke Arafah dimulai sejak pukul 07.00 pagi dan ditargetkan akan selesai pada pukul 20.00. Sesampainya di Arafah, jemaah haji akan menempati tenda-tenda yang disediakan berdasarkan ketentuan.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Puasa Arafah, Apa Saja Keutamaannya?

2. Kegiatan saat di Arafah

Hari Ini Wukuf di Arafah, Begini Kondisi Jemaah Haji IndonesiaANTARA FOTO/Zohra Bensemra

Pada saat di Arafah nanti, jemaah akan memperbanyak amaliah, kemudian melakukan prosesi salat Zuhur dan Asar, yang nanti akan diringkas dari empat rakaat menjadi dua rakaat, dan akan melakukan wukuf.

Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan pada Sabtu (10/8) yang bertepatan dengan 9 Zulhijah mulai dari pagi hingga waktu Zuhur. Mengingat bertepatan dengan musim panas, karena tidak terdapat ketentuan untuk banyak melakukan wukuf di dalam atau di luar tenda, jemaah disarankan bisa mengukur kemampuannya untuk memilih tempat wukuf.

3. Tim kesehatan layani jemaah dalam proses Arafah sampai Mina

Hari Ini Wukuf di Arafah, Begini Kondisi Jemaah Haji IndonesiaIDN Times/Kevin Handoko

Pemerintah sudah menyediakan fasilitas kesehatan termasuk tim medis selama proses ibadah haji. Pelayanan yang tersedia di berbagai titik ini bisa ditemukan mulai di Arafah, Musdalifah, dan Mina.

“Kalau menurut saya sudah siap. Saya kira kita juga sudah punya tim gerak cepat, di mana yang Armina itu vital dalam mengurangi kesakitan dan kematian,” ujar tim Asistensi Kementerian Kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Balitbang Kesehatan Kementerian Kesehatan, Siswanto, kepada Antara.

Tim asistensi yang berada di Arafah dikerahkan untuk melakukan pengecekan di Pos Kesehatan Arafah yang berada di bawah Tim Mobile Bandara.

Sementara Menteri Agama Lukman Hakim sendiri sesampainya di tenda–tenda di beberapa maktab, mengajak jemaah berdialog singkat sambil memastikan jemaah mendapatkan fasilitas dan layanan terbaik menjelang wukuf.  

Selain itu, Lukman juga menanyakan kondisi jemaah haji, mengunjungi jemaah yang sakit, memeriksa fasilitas kesehatan, toilet, dan dapur. Tidak lupa jemaah juga berfoto dan bersalaman dengan Amirul Hajj yang juga seorang Menteri Agama.

“Alhamdulillah ini sesuai dengan harapan kita. Jadi tidak ada kendala yang berarti. Mudah-mudahan ini akan terus berlangsung sampai besok malam, sampai kemudian jemaah meninggalkan Arafah menuju Muzdalifah,” ujar Lukman.

Baca Juga: 163 Calon Jemaah Haji Simalungun Dilepas, Yang Tertua Usia 95 Tahun

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You