Hari Ini, Jemaah Indonesia Mulai Persiapan Wukuf di Arafah

Jemaah sudah berangkat sejak Jumat pagi

Jakarta, IDN Times – Jemaah haji Indonesia di Makkah mulai berangkat menuju Arafah untuk persiapan wukuf dan rangkaian puncak ibadah haji. Dikutip dari Antara, Kepala Daerah Kerja Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, Subhan Cholid, mengabarkan bahwa jemaah dari Indonesia sudah mulai diberangkatkan sejak Jumat pagi (9/8) lalu.

“Pagi ini mulai diberangkatkan jemaah ke Arafah dan di sana sudah ada petugas-petugas kita yang diberangkatkan Kamis (8/8) malam,“ ujar Subhan kepada Antara.

1. Jemaah mulai berangkat Jumat pagi

Hari Ini, Jemaah Indonesia Mulai Persiapan Wukuf di ArafahANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H Burhnul Islam, mengatakan bahwa jemaah calon haji Kota Mataram dijadwalkan mulai berangkat ke Arafah untuk wukuf pada Jumat (9/8), informasi ini didapatkan dari para petugas haji yang sedang mendampingi jemaah.

Pemberangkatan jemaah ke Arafah dimulai sejak pukul 07.00 pagi dan ditargetkan akan selesai pada pukul 20.00. Sesampainya di Arafah, jemaah haji akan menempati tenda-tenda yang disediakan berdasarkan ketentuan.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Puasa Arafah, Kapan Waktu Pelaksanaannya?

2. Kegiatan saat di Arafah

Hari Ini, Jemaah Indonesia Mulai Persiapan Wukuf di ArafahANTARA FOTO/Zohra Bensemra

Pada saat di Arafah nanti, jemaah akan memperbanyak amaliah, kemudian melakukan prosesi salat Zuhur dan Asar, yang nanti akan diringkas dari empat rakaat menjadi dua rakaat, dan akan melakukan wukuf.

Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan pada Sabtu (10/8) yang bertepatan dengan 9 Zulhijah mulai dari pagi hingga waktu Zuhur. Mengingat bertepatan dengan musim panas, karena tidak terdapat ketentuan untuk banyak melakukan wukuf di dalam atau di luar tenda, jemaah disarankan bisa mengukur kemampuannya untuk memilih tempat wukuf.

3. Tim kesehatan layani jemaah dalam proses Arafah sampai Mina

Hari Ini, Jemaah Indonesia Mulai Persiapan Wukuf di ArafahIDN Times/Kevin Handoko

Baca Juga: Garuda Indonesia Selesaikan Pemberangkatan Jamaah Haji 2019

Pemerintah sudah menyediakan fasilitas kesehatan termasuk tim medis selama proses ibadah haji. Pelayanan yang tersedia di berbagai titik ini bisa ditemukan mulai di Arafah, Musdalifah, dan Mina.

“Kalau menurut saya sudah siap. Saya kira kita juga sudah punya tim gerak cepat, di mana yang Armina itu vital dalam mengurangi kesakitan dan kematian,” ujar tim Asistensi Kementerian Kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Balitbang Kesehatan Kementerian Kesehatan, Siswanto, kepada Antara.

Tim asistensi yang berada di Arafah dikerahkan untuk melakukan pengecekan di Pos Kesehatan Arafah yang berada di bawah Tim Mobile Bandara.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya