Comscore Tracker

Ini Perbedaan Foto Resmi Presiden Jokowi dengan yang di Pasaran

Ternyata sudah banyak beredar

Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi dan Ma'ruf Amin sudah melakukan sesi pemotretan. Foto sudah dirilis Kemensetneg, Kamis (17/10) lalu.

Ternyata sebelum foto resmi dirilis sudah banyak beredar foto Jokowi di pasaran. Salah satunya yang ada di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. 

Salah satunya gestur. Ternyata banyak pedagang yang belum tahu jika foto tersebut bukan yang resmi.Pedagang di pasar itu, Adnan, mengaku belum mengetahui bahwa foto resmi tersebut sudah dirilis oleh pemerintah, sementara foto yang dijual sudah didapatkan sejak dua minggu lalu.

"Foto yang kita jual ini dipesan dari percetakan di Bogor sejak dua pekan lalu," ujar Adnan di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat (18/10).

Baca Juga: Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Densus 88 Tangkap 26 Teroris

1. Foto tidak resmi Presiden Jokowi juga beredar luas di Jakarta Selatan

Ini Perbedaan Foto Resmi Presiden Jokowi dengan yang di PasaranIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tidak hanya di Jatinegara, di berbagai wilayah di Jakarta Selatan juga mengedarkan foto yang bukan dirilis oleh Kemensetneg. Salah satu penjual, Ema, mengaku mendapatkan foto yang ia jual dari percetakan.

"Kita pesan dari percetakan, soal foto resmi atau bukan sih gak tau," ujarnya.

2. Ada yang belum berani jual foto presiden dan wakil presiden sebelum pelantikan

Ini Perbedaan Foto Resmi Presiden Jokowi dengan yang di PasaranInstagram/@jokowi

Berbeda dengan penjual di toko lain, salah satu pedagang bingkai foto malah mengaku belum menjual foto resmi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Hal ini karena percetakan baru akan mengirim foto tersebut setelah pelantikan.

"Saya belum berani jual kalau belum ada pelantikan. Biasanya kalau sudah dilantik, baru ada kiriman dari percetakan," ujarnya.

3. Perbedan foto resmi dari Kemensetneg dan yang beredar di pasaran

Ini Perbedaan Foto Resmi Presiden Jokowi dengan yang di PasaranKemensetneg

Foto resmi yang dikeluarkan Sekretaris Negara, Presiden Jokowi difoto dengan posisi sedikit miring, tersenyum ke arah kamera dan tanpa memperlihatkan gigi. Menggunakan kopiah hitam, jas merah seperti foto di atas.  

Sementara yang beredar di pasaran ada berbagai versi. Salah satunya foto yang tersenyum dengan memperlihatkan gigi dan menghadap lurus ke depan. Warna foto juga terlihat lebih terang.

Sementara foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang beredar di pasaran, ada dengan posisi tampak menengadah ke atas, senyum tanpa memperlihatkan gigi dan nama ditulis lengkap dengan gelar pendidikan.

4. Kemensetneg rilis foto resmi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024

Ini Perbedaan Foto Resmi Presiden Jokowi dengan yang di PasaranIDN Times / Larasati Rey

Untuk foto resmi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah menerbitkan Surat bernomor B-117/M.Sesneg/Set/TU 00.03/10/2019tentang Foto Resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024.

Dalam surat tersebut tertulis, sehubungan dengan pelantikan presiden yang akan digelar pada Minggu (20/10), Mensetneg merilis foto resmi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024, dan foto tersebut bisa diunggah melalui halaman resmi Kemensetneg, www.setneg.go.id.

Foto resmi tersebut digunakan agar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Dari Patung Kuda ke Istana, Jokowi dan Ma'ruf akan Diarak

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You