Vocational Video Challenge, 3 Siswa SMK Sumut Melaju ke Babak Nasional

Seleksi dilaksanakan secara berjenjang

Medan, IDN Times - Dukungan kepada dunia vokasi dengan menggali kreativitas pelajar SMK yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) akhirnya berbuah manis.

Hal tersebut seiring dengan keberhasilan tiga pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sumut menjawab tantangan berkreasi membuat konten video yang menarik terkait materi ajar yang mereka dapatkan pada kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda melalui ajang bertajuk “Vocational Video Challenge 2020” tingkat regional.

1. Berikut nama 3 pelajar SMK terbaik Sumut yang ke ajang nasional

Vocational Video Challenge, 3 Siswa SMK Sumut Melaju ke Babak NasionalVocational Video Challenge (Dok. IDN Times)

Tiga pelajar SMK terbaik Sumut yang juga berkesempatan melaju ke ajang nasional ini juga telah diumumkan Honda pada 23 Oktober 2020 di Indako Development Center (IDC) Jl Adam Malik Medan. Mereka adalah Reyhan Enggar Pradana dari SMKS Al-Washliyah 2 Merbau yang berhasil menjadi juara pada perlombaan Tema 1 yang menyajikan tentang video penyetelan jarak renggang klep valve in / Ex untuk motor Honda matic series.

Selain itu juara pada Tema II berhasil diraih oleh Rafiq Permadi dari SMKS Mandiri Percut Sei Tuan dengan sajian video tentang penggantian Brake Shoe untuk motor Revo 110 PGM FI. Sedangkan peraih juara pada tema III berhasil sukses menjadi milik Yusrizal dari SMKS PABA Teknik Binjai yang menghadirkan video tentang teknologi PGM FI terkait Reset ECM, reset TP dan setting altitude.

2. Seleksi Vocational Video Challenge 2020 dilaksanakan secara berjenjang

Vocational Video Challenge, 3 Siswa SMK Sumut Melaju ke Babak NasionalVocational Video Challenge (Dok. IDN Times)

Gideon Budiharjo, Marketing Director PT Indako Trading Coy mengungkapkan masa pandemi Covid–19 yang masih belum berakhir tidak menghalangi Honda untuk mendukung perkembangan dunia vokasi, namun semakin menginspirasi Honda untuk menghadirkan beragam aktivitas positif, seperti halnya menantang kreativitas siswa SMK agar dapat mengemas materi belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan tanpa menghilangkan unsur edukatif.

Seleksi Vocational Video Challenge 2020 sendiri dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari seleksi di masing-masing wilayah seluruh Indonesia. Dimulai dari tahap penyeleksian di sekolah, berlanjut ke main dealer Honda, hingga ke tingkat nasional yang rencananya akan berlangsung pada bulan November mendatang. Penjurian pada kompetisi ini juga tidak mudah, karena meliputi berbagai unsur penilaian seperti kualitas audio dan video, konsep video, teknik penyampaian materi, penguasaan materi, hingga management waktu yang ditelah ditentukan.

“Selamat kepada para juara. Tentunya ini bukan merupakan akhir dari perjuangan, karena masih ada kompetisi tingkat nasional yang masih harus ditaklukkan. Dengan semangat Satu Hati, Honda akan terus berupaya mengiringi langkah para generasi muda Sumatera Utara dalam mewujudkan impian di berbagai bidang, “ ujar Gideon Budiharjo.

3. Bagian dari program Satu Hati Education Program Honda

Vocational Video Challenge, 3 Siswa SMK Sumut Melaju ke Babak NasionalVocational Video Challenge (Dok. IDN Times)

Kompetisi Vocational Video Challenge ini sendiri merupakan bagian dari program Satu Hati Education Program Honda. Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan Honda sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda.

Dimana siswa dari SMK mitra binaan Honda juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya