Kecantikan 5 Objek Alam di Kabupaten Asahan Sumut, Yuk Liburan!

#PiknikAsik Dijamin seru!

Selain makanan dan wisata budayanya, pulau Sumatera juga dikenal dengan objek wisata alamnya yang indah. Seperti yang ada di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara ini. Meski jarang terdengar, ternyata kabupaten ini menyimpan banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi lho! tidak kalah dengan kota-kota lain yang ada di pulau Sumatera.

Gak percaya? Berikut lima rekomendasi objek wisata alam yang ada di Kabupaten Asahan.

1. Air Terjun Turbo (Turunan Bolon)

Kecantikan 5 Objek Alam di Kabupaten Asahan Sumut, Yuk Liburan!Instagram.com/sumutvacation

Objek wisata alam yang satu ini letaknya di Desa Tomuan Holbung Kecamatan Mandoge Kabupaten Asahan, Sumut. Butuh tujuh jam perjalanan untuk bisa menikmati wisata alam ini. Buat kamu yang berniat kesini, kamu harus menyiapkan kendaraan dengan baik. Soalnya, untuk menuju lokasi objek wisata ini, jalanannya sedikit berlumpur dan licin. Tapi tenang, setelah kamu berhasil melalui jalanan tersebut, kamu bisa menikmati segar dan jernihnya air terjun Turbo ini. Dan lebih mengasyikkan lagi, debit air terjun ini sangat deras lho.

2. Air Terjun Ponot

Kecantikan 5 Objek Alam di Kabupaten Asahan Sumut, Yuk Liburan!Instagram.com/ferri_irawan

Kalau air terjun yang satu ini letaknya gak jauh dari PT. Inalum yang terkenal itu lho! Butuh 7-8 jam perjalanan dari Kota Medan. Air Terjun Ponot ini memiliki ketinggian lebih kurang 250 m dan debit airnya lumayan deras serta airnya masih jernih banget. Air terjun ini berasal dari anak Sungai Asahan. Harga tiket masuk ke objek wisata ini sangat terjangkau, hanya 10 ribu rupiah per kendaraan.

Baca Juga: 5 Destinasi Alam yang Keren di Sumatera Utara, Gak Boleh Dilewatin!

3. Arung Jeram Sungai Asahan

Kecantikan 5 Objek Alam di Kabupaten Asahan Sumut, Yuk Liburan!pedomanwisata.com

Nah, bagi kamu yang suka liburan yang exstrem, kamu wajib nyobain objek wisata ini. Arung Jeram di Sungai Asahan ini. Konon katanya, arung jeram di sungai ini disebut-sebut arung jeram terbaik ketiga di dunia. Wihh, pastih seru bangetkan guys.

4. Air Terjun Simonang-Monang

Kecantikan 5 Objek Alam di Kabupaten Asahan Sumut, Yuk Liburan!Instagram.com/asahanpunyacerita

Obyek wisata air terjun Simonang-monang ini terletak di wilayah perbukitan Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau ± 50 km sebelah Baratdaya kota Kisaran, atau lebih kurang 1,5 jam dari Kota Kisaran ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Nah, jika kamu berniat kesini kamu harus mempersiapkan diri serta kendaraan kamu dengan baik ya. Soalnya jalan yang kamu lalui cukup melelahkan. Jalanan yang becek serta berlubang akan menjadi tantangan buat kamu. Eits, tapi itu semua akan terbayar kok ketika kamu sampai di air terjun ini.

5. Air Terjun Simanik-Manik

Kecantikan 5 Objek Alam di Kabupaten Asahan Sumut, Yuk Liburan!travel.detik.com/rudichandra

Kalau objek wisata air terjun Simanik-Manik ini berada di Desa Loburrapa, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Kisaran. Untuk mencapai objek wisata ini, kamu harus berjalan sekitar 100 meter dari tempat parkir kendaraan dan melewati hutan. Kamu juga akan melewati sungai dangkal dan goa kecil yang memiliki tebing yang sangat indah. Karena tebing tersebut dialiri air. Jadi kamu bisa istirahat sebentar kalau kelelahan.

Air Terjun Simanik-Manik yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini memiliki kolam tampung berdiameter sekitar 30 meter lingkaran dan di bawah luncuran air terjun ini terdapat tanah cekung dengan kedalaman sekitar 10 meter.

Ingat kalau kalian berniat liburan ke objek wisata alam di Kabupaten Asahan, harus benar-benar mempersiapkan dengan baik ya. Semoga liburan kalian menyenangkan.

Baca Juga: 7 Pesona Air Terjun Tersembunyi di Sumatera Utara, Jangan Lewatkan!

Ocha Lubis Photo Verified Writer Ocha Lubis

I like food so iam interesting for cooking. Iam simple how about u ☺☺☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya