Direktur Shopee Yakin Indonesia Bakal Jadi Negara Top 3 Dunia

Kuncinya ada pada digitalisasi

Jakarta, IDN Times - Ekonomi Indonesia diprediksi bisa lompat masuk ke jajaran terdepan di dunia. Direktur Shopee Indonesia, Christin Djuarto, optimis bahwa kekuatan UMKM dan digitalisasi dapat menjadi katalis perekonomian Indonesia sebagai negara elit di Asia bahkan dunia.

Hal ini diungkap oleh Christin dalam wawancaranya bersama Gita Wirjawan dalam podcast EndGame.

Christin memaparkan bahwa digitalisasi sudah sampai ke seluruh pelosok Indonesia hanya saja banyak yang belum memiliki literasi digital dengan baik apalagi memanfaatkan platform digital seperti marketplace untuk mengembangkan bisnis.

Melihat hal ini, Shopee yakin bahwa masih ada potensi yang luas untuk membantu para pelaku bisnis khususnya UMKM untuk merambah ekosistem digital.

“Saya lihat digital ekonomi akan mengubah pasar menjadi lebih besar dengan adanya e-commerce seperti Shopee. Karena jadi akan sangat mudah untuk UMKM menjangkau ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke seluruh dunia” jelas Christin.

Baca Juga: Bantah Diusir, Coki Pelatih Biliar Sebut Edy Tak Pantas Jadi Pemimpin

1. 2045 Indonesia bisa masuk ke top 3 dunia berkat digitalisasi

Direktur Shopee Yakin Indonesia Bakal Jadi Negara
Top 3 DuniaPenyerahan gerobak dan motor sampah secara simbolis dari Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto kepada Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu, Senin (13/12/2021).

Digitalisasi ekonomi dapat membawa perekonomian bangsa Indonesia terkatrol masuk ke
jajaran terdepan negara-negara berkembang di dunia. Apalagi menurut perempuan yang telah bergabung sejak awal berdirinya Shopee Indonesia ini sebenarnya pertumbuhan teknologi di Indonesia tergolong cepat.

“Saya sih bayangannya kalo 2045 itu Indonesia, berkat digitalisasi ini, udah bisa masuk ke top 3 dunia, melewati banyak negara-negara lainnya.” ujar sarjana ekonomi ini.

Karena dampak dari digitalisasi ini sangat jelas, selain dapat meningkatkan produksi dan
konsumsi juga dapat membuka banyak lapangan pekerjaan yang tentu memberikan
sumbangsih kepada peningkatan perekonomian bangsa.

“Salah satu tantangannya adalah keterampilan digital. Itu kenapa kami juga membuka Kampus UMKM Shopee di berbagai kota, untuk membantu mengatasi kesenjangan ini dengan lebih cepat dan efektif,” tambahnya.

2. Membantu mempekerjakan 100 orang yang banyak dari mereka terkena pemutusan kerja

Direktur Shopee Yakin Indonesia Bakal Jadi Negara
Top 3 DuniaPenyerahan gerobak dan motor sampah secara simbolis dari Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto kepada Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu, Senin (13/12/2021).

Christin menceritakan salah satu contoh dampak digitalisasi Shopee yaitu seorang pebisnis kain asal Bandung di tengah pandemi, yang justru bisa membantu mempekerjakan 100 orang yang banyak dari mereka terkena pemutusan kerja.

Maka dari itu, komitmen membantu melayani mereka yang belum terlayani melalui teknologi ini diwujudkan salah satunya dengan mendirikan Kampus UMKM. Di kampus ini para pelaku UMKM mendapatkan pendampingan dari hulu ke hilir.

3. Kontribusi perempuan Indonesia terhadap Perekonomian Bangsa

Direktur Shopee Yakin Indonesia Bakal Jadi Negara
Top 3 Duniadok. Shopee

Sebagai pemimpin perempuan, Christin menaruh perhatian terhadap isu pemberdayaan perempuan. Bagi Christin, begitu banyak perempuan luar biasa yang justru dapat membawa berbagai ide baru dengan cara pandang yang berbeda. Tentu potensi mereka harus terus dikembangkan dalam sebuah wadah.

Salah satu cara yang dilakukan Christin adalah menginisiasi klub women at Shopee. Di sini, menjadi wadah bagi para wanita berbagi kisah agar dapat saling menginspirasi dan memotivasi.

“(Perempuan) harus lebih berani untuk percaya kalau niatnya kita fokus tuh kita bisa karena semua orang punya kelebihan masing-masing.” pesan Christin.

Sebagai perempuan yang sudah menjadi ibu dengan seorang anak, Christin ingin membantu para perempuan Indonesia untuk terus maju dan memberikan sumbangsihnya terhadap perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Edy Rahmayadi Jewer dan Usir Pelatih Biliar saat Beri Bonus Atlet PON

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya