Mengenal Deklarasi Balfour, Awal Mula Penjajahan Israel di Tanah Palestina

Ini bukan tentang agama, tapi penjajahan

Pada November 1917 silam, setahun sebelum Perang Dunia I usai, Menteri Luar Negeri Inggris, Arthur James Balfour mengirimkan sebuah surat kepada salah satu keturunan Yahudi terkemuka di Inggris, Baron Lionel Walter. 

Surat yang kemudian diteruskan kepada Federasi Zionis di Inggris dan Irlandia itu berisikan pernyataan resmi Pemerintah Inggris yang mendukung berdirinya “tanah air” orang-orang Yahudi di Palestina. Surat itu lantas lebih dikenal sebagai Deklarasi Balfour yang kemudian menjadi tonggak berdirinya negara Israel dan mengakibatkan konflik Israel-Palestina berkepanjangan.

Itulah segelintir sejarah singkat tentang awal mula pendudukan Zionis Israel di tanah Palestina seperti yang diwartakan oleh The Washington Post.

1. Israel-Palestina bukan tentang agama, tapi penjajahan

Mengenal Deklarasi Balfour, Awal Mula Penjajahan Israel di Tanah Palestinawhispereye.com

Sebagai negara dengan mayoritas Islam terbesar di dunia, tentu bukan hal yang aneh bila Indonesia sangat sentimen pada persoalan yang menyangkut kekerasan pada warga Islam dunia. Bahkan, dalam kasus konflik Israel dan Palestina yang berkepanjangan.

Seorang Peneliti Amnesti International untuk Palestina, Lina Fattom, sempat menuturkan bila agama telah dijadikan alat untuk memperkeruh situasi yang memanas di Palestina, yang sebenarnya bersumber dari persaingan kekuasaan antara kedua negara.

“Konflik ini bukan konflik agama, namun lebih kepada konflik perbuatan upaya untuk mengontrol wilayah dan sumber daya alam di wilayah tersebut. Hanya saja agama dan budaya digunakan sebagai alat untuk memperbesar konflik ini,” terangnya dalam dialog antaragama bertema Seruan Mengakhiri 50 Tahun Okupasi Israel di Palestina, 3 November lalu di Jakarta, seperti yang diwartakan CNN Indonesia.

Fattom yang lebih mengutamakan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap penduduk Palestina ini pun menekankan sekali lagi bila konflik kedua negara bukanlah konflik Yahudi dan Islam, melainkan konflik antara penguasa Israel dan bangsa Palestina.

2. Ini isi deklarasi Balfour

Mengenal Deklarasi Balfour, Awal Mula Penjajahan Israel di Tanah Palestinaembassies.gov.il

Inilah teks Deklarasi Balfour seperti yang dilansir dari The Independent

Foreign Office

November 2nd, 1917

Dear Lord Rothschild,

I have much pleasure in conveying to you. on behalf of His Majesty's Government, the following declaration of sympathy with Jewish Zionist aspirations which has been submitted to, and approved by, the Cabinet

His Majesty's Government view with favour the establishment in Palestine of a national home for the Jewish people, and will use their best endeavors to facilitate the achievement of this object, it being clearly understood that nothing shall be done which may prejudice the civil and religious rights of existing non-Jewish communities in Palestine or the rights and political status enjoyed by Jews in any other country.

I should be grateful if you would bring this declaration to the knowledge of the Zionist Federation.

Yours,

Arthur James Balfour

 

Yang terhormat, Rothschild,

Atas nama Yang Mulia, saya sangat senang bisa menyampaikan kabar ini kepada Anda. Pernyataan simpati berikut merupakan aspirasi Zionis Yahudi yang telah diajukan dan disetujui oleh kabinet.

Yang Mulia mendukung pendirian sebuah rumah nasional untuk orang-orang Yahudi di Palestina, dan akan menggunakan usaha terbaik mereka untuk memfasilitasi pencapaian objek ini, karena dipahami dengan jelas bahwa tidak ada hal  yang dapat merugikan hak-hak sipil dan agama. dari komunitas non-Yahudi yang ada di Palestina atau hak dan status politik yang dinikmati oleh orang Yahudi di negara lain.

Saya harus bersyukur jika Anda menyampaikan pernyataan ini kepada Federasi Zionis.

Hormat kami,

Arthur James Balfour

 

3. Dukung Israel, menlu Inggris merasa bangga

Mengenal Deklarasi Balfour, Awal Mula Penjajahan Israel di Tanah Palestinatimesofisrael.com

Kini, 100 tahun berselang, ketika Palestina hanya tersisa Tepi Barat dan Jalur Gaza, Menteri Luar Negeri Inggris saat ini, Boris Johnson sempat mengeluarkan statement kebanggaannya pada campur tangan Inggris terhadap berdirinya negara Israel dalam rangka mengenang Deklarasi Balfour. Hal tersebut ditulisnya pada surat kabar Telegraph.

“Saya bangga dengan Inggris yang ikut berperan dalam menciptakan negara Israel. Dokumen tersebut penting dan sangat diperlukan untuk menciptakan sebuah negara besar,” tuturnya seperti dilansir oleh Al Araby 30 Oktober lalu.

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya