Muslim Sedunia Berduka, 49 Orang Tewas dalam Serangan di Selandia Baru

Ada seorangan anak-anak yang jadi korban jiwa

Christchurch, IDN Times - Umat muslim sedunia berduka atas kejadian penyerangan yang terjadi di Selandia Baru, Jumat (15/3).

Penembakan yang terjadi di dua masjid ini menewaskan 49 orang.

Aksi penembakan pertama terjadi di Masjid Al Noor di Deans Ave dekat Hagley Oval, pusat kota Christchurch. Penembakan kedua di masjid Linwood Ave, pinggiran kota Christchurch, Selandia Baru.

Komisioner kepolisian Selandia Baru, Mike Bush, mengatakan korban terbanyak yakni 41 orang, tewas dalam serangan penembakan di masjid Deans Avenue. Sisanya, di masjid di Linwood.

Seorang saksi yang enggan disebut namanya, melihat anak perempuan berusia 3 atau 4 tahun ditembak di belakang tubuhnya. Anak bersama ayahnya.
Seorang saksi, yang tidak mau disebutkan namanya itu sedang mengemudi di depan masjid tetapi menepi untuk membantu ketika ia melihat orang-orang terkapar di tanah.

"Saya menepi dan kemudian begitu saya keluar dari truk saya, saya mendengar semua suara tembakan," katanya kepada CNN. "Saya mengangkutnya, putrinya, dan orang lain yang tertembak di kaki, dan membawa mereka ke rumah sakit."

"Jadi, saya hanya berusaha membantu mereka dan seorang pria sepertinya sudah pergi," sambungnya.

Tiga laki-laki dan seorang perempuan ditahan setelah serangan penembakan di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru. Salah satu dari pelaku ialah warga negara Australia bernama Brenton Tarrant. Bush mengatakan polisi tidak menutup kemungkinan ada orang lain yang terlibat dalam aksi penyerangan tersebut.

Dalam sebuah video yang sempat beredar di internet, terlihat seorang pria bersenjata berjalan ke masjid dan melepaskan tembakan secara membabi buta. Video tersebut dari sudut pandang sang pelaku sehingga diprediksi diambil menggunakan kamera yang melekat pada helm si pelaku.

Dalam rekaman video tersebut, terlihat sudah melepaskan tembakan sejak memasuki pintu depan masjid. Dia pun memasuki ruang demi ruang sambil terus melepas tembakan ke arah para jemaah yang baru saja menunaikan salat Jumat.

Baca Juga: [BREAKING] Pelaku Penembakan di Masjid Christchurch Diduga Anti-Muslim

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya