Ustaz Tengku Zulkarnain di Mata UAS, Sosok yang Tak Kenal Takut

Ustaz Zul sudah 8 hari dirawat di RS karena COVID-19

Pekanbaru, IDN Times - Meninggalnya Ustaz Tengku Zulkarnain menyisakan cerita tersendiri bagi sosok Ustaz Abdul Somad (UAS).

Hal itu tampak pada postingan UAS di akun Instagramnya @Ustadzabdulsomad_official. Dalam unggahan itu, UAS sampaikan duka dan sosok Ustaz Tengku Zulkarnain.

Diketahui, Tengku Zulkarnain meninggal dunia karena terkonfirmasi positif COVID-19. Pria yang kerap disapa Tengku Zul mengembuskan napas terakhir saat azan Magrib atau ketika berbuka puasa, Senin (10/5/2021).

Berikut unggahan Ustaz Abdul Somad dalam akun Instagramnya:

Baca Juga: Ustaz Somad Menikah Lagi, 10 Potret Mellya Juniarti Mantan Istrinya 

1. UAS sampaikan Ustaz Zulkarnain sosok yang pemberani

Ustaz Tengku Zulkarnain di Mata UAS, Sosok yang Tak Kenal TakutTangkapan layar dari Instagram UAS (Dok.IDN Times)

"Senin, malam 29 Ramadan 1442H / 10 Mei 2021. Jam 18.25 Guru kita al-Mukarram Ust Tengku Zulkarnain sudah mendahului kita. Selama aku mengenal engkau, kesan ku, tak ada takut dalam dirimu. Takutmu engkau habiskan hanya untuk Allah. Bulan lalu terakhir jumpa denganmu di Diniyah Putri Padang Panjang, engkau bercerita tentang pondok Tahfizh Qur'an yang engkau bangun di Medan.

Ntah apa amal engkau guru, hingga doa kami kalah ingin berhari raya denganmu, Allah dan para malaikat-Nya lebih memilihmu untuk berada di tengah mereka pada hari besar itu. Engkau benar-benar kembali ke fitrah. Doakan kami supaya istiqomah. Makin sunyi jalan ni ku rasa," tulis dalam postingan tersebut.

2. Ustaz Zul tidak jadi disalatkan di Masjid Agung Annur

Ustaz Tengku Zulkarnain di Mata UAS, Sosok yang Tak Kenal TakutUstaz Tengku Zulkarnain akan dimakamkan secara Protokol Kesehatan Covid-19 (Dok. IDN Times)

Keluarga memutuskan jenazah Ustaz Tengku Zulkarnain tak jadi di salatkan di Masjid Agung Annur Pekanbaru.

Keputusan ini diambil yang tidak ingin mensalatkan di sana dan lebih memilih di RS Profesor Doktor Tabrani Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Pihak keluarga, kerabat dan pihak rumah sakit sudah bersiap-siap untuk mensalatkan di RS Tabrani untuk kemudian dibawa ke taman makam Palas Rumbai.

3. Sudah 8 hari Ustaz Tengku Zulkarnain dirawat di RS Tabrani

Ustaz Tengku Zulkarnain di Mata UAS, Sosok yang Tak Kenal TakutUstaz Tengku Zulkarnain (Twitter.com/ustadtengkuzul)

Dikatakan Direktur Coorporate Comunications RS Tabrani Pekanbaru, Ian Machyar, mantan pengurus MUI pusat ini masuk ke RS pada 2 Mei 2021. Sudah 8 hari Ustaz Tengku Zulkarnain dirawat.

"Pas masuk sudah positif, langsung kita beri perawatan," ungkapnya.

Sejauh ini, pihak rumah sakit terus melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi Riau.

Sesuai jadwalnya, kata Ian, Ustaz Tengku Zulkarnain akan disalatkan malam ini di Masjid Annur Pekanbaru, kemudian dimakamkan di TPU Khusus pasien Covid-19 di Palas, Rumbai, Pekanbaru.

Lebih lanjut Ian menjelaskan, bahwa informasi dari asistennya, Ustaz Tengku Zulkarnain melakukan rapid antigen di RS Tabrani Pekanbaru untuk keperluan pulang ke Medan, Sumatera Utara. Namun pada saat itu, hasilnya justru positif COVID-19.

"Ustaz sebelumnya mengajar ngaji, kalau saya dengar dari asisten, beliau dari Dumai, Kuansing kemudian Rohul. Beliau mau plg ke Medan, dan pulang kan mesti ada rapid antigen," jelasnya.

Menurut Ian, kondisi Ustaz Zul memang dalam kondisi yang cukup buruk sejak pagi tadi.

"Kondisinya cukup buruk, sudah 8 hari, pagi tadi pakai nafas buatan medis. Sekarang sedang persiapan untuk disalatkan dan dimakamkan di TPU Palas," tuturnya.

Baca Juga: Ustaz Tengku Zulkarnain Langsung Dimakamkan di Pekanbaru Malam Ini

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya