CPNS 2019 Tak Buka Formasi  Administrasi, Ini Jumlah Tenaga Dibutuhkan

Formasi terbesar guru dengan 63.324 formasi

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengatakan, pemerintah tidak membuka tenaga administrasi pada formasi CPNS 2019. 

"Pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi, karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia," ujar Bima dalam jumpa pers yang digelar bersamaan dengan peresmian UPT BKN Balikpapan, Jakarta, Senin (28/10).

Bima menjelaskan, alasan lain pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi adalah saat ini pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan. 

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Buka 2.998 Lowongan CPNS 2019

1. Jenis formasi yang dibuka pada CPNS 2019

CPNS 2019 Tak Buka Formasi  Administrasi, Ini Jumlah Tenaga DibutuhkanIDN Times/Nofika Dian

Bima menyebutkan, ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS 2019, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada instansi pusat dan daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat.

Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. 

2. Tiga formasi besar pada penerimaan CPNS 2019

CPNS 2019 Tak Buka Formasi  Administrasi, Ini Jumlah Tenaga DibutuhkanDok.IDN Times/Istimewa

Selain itu, Bima menjelaskan, terdapat tiga formasi besar pada penerimaan CPNS 2019. Formasi terbesar pada CPNS 2019 yaitu, guru dengan 63.324 formasi dan tenaga kesehatan 31.756 formasi. Sementara, formasi untuk teknis fungsional adalah 23.660 formasi.

Bima mengatakan setiap pelamar hanya dapat melamar satu formasi dan satu instansi. "Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada satu formasi di satu instansi," ujar dia. 

3. Dokumen yang harus disiapkan pelamar diunggah ke laman SSCASN pada 11 November

CPNS 2019 Tak Buka Formasi  Administrasi, Ini Jumlah Tenaga Dibutuhkan(Ilustrasi CPNS) Instagram.com/kemenag_ri

Bima menambahkan ada beberapa dokumen yang harus disiapkan pelamar untuk diunggah ke laman resmi SSCANSN. Pendaftaran secara daring melalui laman sscasn.bkn.go.id akan dibuka pada 11 November 2019.

Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah, dan transkrip nilai asli.

"Dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempublikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing," kata dia.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS Dibuka 11 November 2019, Cek Infonya di Sini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya