Comscore Tracker

Jangan Asal Pilih Mobil Bekas! Ini Cara Bedakan Cat Ori dan Cat Ulang

Coba ketuk bodi mobil!

Jakarta, IDN Times - Persoalan budget terkadang memaksa kita membeli mobil bekas.

Hal ini tentu ada plus dan minusnya. Plus karena harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan mobil baru.

Minusnya seringkali ada kerusakan yang luput dari perhatian dan baru ketahuan setelah mobil tersebut dibeli.

Agar tidak salah membeli mobil bekas, kamu bisa memperhatikan semua bagian mobil tersebut secara cermat, termasuk bagian catnya. Nah, berikut cara membedakan cat ori dengan cat baru.

1. Lihat umur mobilnya

Jangan Asal Pilih Mobil Bekas! Ini Cara Bedakan Cat Ori dan Cat Ulangwww.marlinmotorsva.com

Salah satu cara menilai cat asli dengan cat baru adalah dengan melihat usia mobil tersebut. Cat mobil yang sudah berumur biasanya tidak akan sekinclong mobil baru.

Karena itu, jika cat mobil lebih kinclong dari usianya, kamu patut curiga. Bisa jadi itu cat baru.

Cara lainnya adalah dengan mengetuk-ngetuk bodi mobil. Suara ketukan pada bodi mobil yang telah didempul dengan bodi mobil yang masih kaleng tentu akan berbeda. 

Baca Juga: Desain 5 Mobil Ini Ternyata Terinspirasi dari Hewan!

2. Lihat pantulan pada bodi mobil

Jangan Asal Pilih Mobil Bekas! Ini Cara Bedakan Cat Ori dan Cat Ulangfutuready.com

Cat mobil yang asli diklaim lebih kuat dibanding dengan pengecetan ulang. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena setiap pabrik mobil memiliki standar kualitas minimum untuk pengecatan.

Selain itu, proses pengerjaannya pun sangat maksimal di setiap sisi bodi mobil yang mereka luncurkan. Tentu hal itulah yang membuat cat mobil asli pasti lebih kuat dibanding yang daur ulang.

Meskipun hasil akhirnya sama, tetapi cat mobil yang daur ulang pasti akan lebih cepat sekali pudar terutama jika terkena sinar matahari. Dan perbedaan yang paling signifikan adalah jika cat pada mobil sudah di cat ulang maka jika kamu mengaca pada bodi mobil kamu, pasti bayanganmu akan blur tetapi jika masih cat original maka bayangan kamu akan lebih jelas atau pantulannya seperti cermin.

3. Perhatikan bagian cat di dalam dan di luar

Jangan Asal Pilih Mobil Bekas! Ini Cara Bedakan Cat Ori dan Cat UlangUnsplash/Michael Mroczek

Hal terakhir yaitu kamu harus fokus dan benar-benar perhatikan cat mobil kamu untuk bagian dalam dan bagian luar. Ini cara paling tepat dan mudah untuk membedakan mobil kamu sudah pernah di cat ulang atau masih menggunakan cat orisinal.

Karena pasti terdapat warna cat yang belang dan biasanya di bagian pilar mobil bagian dalam, dan jika berbeda dengan bagian luar, maka bisa disimpulkan mobil kamu sudah pernah melakukan pengecatan ulang, tetapi jika warna tidak belang antara bagian dalam dengan bagian luar, pasti cat mobil mu masih orisinal.

Baca Juga: Tips Dasar Merawat Cat Mobil, Biar Selalu Bening dan Kinclong

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya