Comscore Tracker

Dijuluki Mr Crack, Ini 3 Karya BJ Habibie yang Diakui Dunia

Teori crack Habibie berjasa untuk keselamatan penerbangan

Bacharuddin Jusuf Habibie adalah putra terbaik bangsa. Bukan berlebihan jika itu disematkan kepadanya. Soalnya, Presiden ke-3 RI itu telah mengharumkan Indonesia dengan karya-karyanya.

Faktanya karya-karya Habibie terutama di bidang penerbangan diakui dunia internasional. Sebelum ditarik pulang ke Indonesia, Habibie adalah ahli pesawat di Jerman. 

Banyak karya beliau berkutat pada bidang penerbangan, khususnya desain dan teori pesawat. Berikut ini adalah karya-karya BJ Habibie yang mendunia.

1. Teori Habibie

Dijuluki Mr Crack, Ini 3 Karya BJ Habibie yang Diakui DuniaYouTube ruudabiyoga

Nama lain teori ini adalah crack progression theory. Inti dari teori ini adalah mengenali keretakan yang terjadi pada pesawat. Temuan ini ditemukan oleh Habibie saat berusia 32 tahun.

Dikatakan beliau harus benar-benar bekerja keras untuk mendapatkan teori ini sampai-sampai harus menghitung ke tingkatan atom. Namun berkat teori ini, pesawat modern zaman sekarang jauh lebih irit dalam pembakaran bahan bakar sekaligus mampu mengurangi risiko kecelakaan pesawat.

Baca Juga: BJ Habibie Sedih, Cita-citanya Soal Pesawat R80 Belum Terwujud

2. Pesawat N-250

Dijuluki Mr Crack, Ini 3 Karya BJ Habibie yang Diakui DuniaANTARA FOTO/Novrian Arbi

Karya BJ Habibie lainnya adalah pesawat N-250, atau disebut dengan pesawat Gatot Kaca. Ini adalah pesawat penumpang sipil yang dirancang IPTN atau PT. Dirgantara Indonesia. Kode N tersebut berasal dari kata Nusantara yang mana dimaksudkan untuk memberitahu kepada dunia jika segala pengerjaan pesawat ini dilakukan di Indonesia.

3. Pesawat R80

Dijuluki Mr Crack, Ini 3 Karya BJ Habibie yang Diakui Duniaregio-aviasi.co.id

Pesawat R80 adalah pesawat canggih yang keluar pada dekade ini. Proyek pesawat ini digarap pada 2012 dan melakukan penerbangan perdananya pada 2017 kemarin. Sisi canggih dari pesawat R80 adalah pesawat ini dilengkapi teknologi fly by wire. Sistem ini memungkinkan pilot melakukan kendali menggunakan sinyal elektronik. Hebatnya lagi pesawat ini sudah terjual sebanyak 155 unit padahal masih memasuki tahap perancangan.

Ya,  Eyang Habibie memang hebat. Semua karya-karya BJ Habibie membuktikan hal itu. Selamat jalan Eyang Habibie.

Baca Juga: Disegani Dunia Internasional, 5 Fakta Tentang BJ Habibie

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Septi Riyani

Just For You