Comscore Tracker

Biar Gak Lepek dan Berketombe, 5 Tips Merawat Rambutmu yang Gondrong

Biar kamu tetap kelihatan maskulin!

Cowok berambut gondrong selalu punya pesona sendiri. Kelihatan lebih macho dan gagah. Tapi kalau rambut gondrongmu lepek dan berketombe, tentu gak asyik dong.

Rambut gondrong ini butuh perhatian khusus biar gak menimbulkan masalah. Ini 5 tips perawatan rambut gondrong yang mesti kamu ketahui, Bro!

1. Gunakan kondisioner secara rutin sehabis keramas

Biar Gak Lepek dan Berketombe, 5 Tips Merawat Rambutmu yang Gondrongunsplash.com/Sebastian Pociecha

Pemilik rambut gondrong pasti paham betul bagaimana lamanya waktu untuk mengeringkan rambut setelah keramas. Nah, ada hal yang harus diperhatikan, nih. Jadi, kalau sehabis keramas sebaiknya kamu mengaplikasikan kondisioner pada rambut. Tahapan ini dilakukan guna membantu melembapkan rambut secara ekstra, sehingga dapat mencegah rambut lepek. 

2. Pilih jenis sampo yang berbahan dasar natural 

Biar Gak Lepek dan Berketombe, 5 Tips Merawat Rambutmu yang Gondrongunsplash.com/frankie cordoba

Jenis sampo yang kamu gunakan juga berpengaruh pada kondisi rambutmu, Bro. Usahakan pilih sampo dengan kandungan yang berbahan dasar natural. Seperti sampo alami dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau ekstrak tumbuhan lain. Sampo seperti ini akan meminimalisir munculnya minyak pada kulit kepala atau sebum yang kerap memicu munculnya ketombe. 

Baca Juga: Pamer Rambut Gondrong, 9 Potret Manly Bastian Steel Saat Bermain Bola

3. Jangan biarkan rambut basah dalam waktu lama 

Biar Gak Lepek dan Berketombe, 5 Tips Merawat Rambutmu yang Gondrongunsplash.com/NeONBRAND

Membiarkan rambut dalam keadaan basah hanya akan memicu masalah di kemudian hari. Rambut yang basah harus segera dikeramas dan dikeringkan. Sebab jika tidak, dapat membuat rambut lepek yang terlalu kering. Kalau sudah begitu, kamu bisa menggunakan hair mist secara rutin ya, Bro. 

4. Biarkan rambut terurai dan hindari mengikatnya terlalu kencang 

Biar Gak Lepek dan Berketombe, 5 Tips Merawat Rambutmu yang Gondrongunsplash.com/Leon Seibert

Membiarkan rambut terurai ternyata menjadi pilihan bijak bagi para pemilik rambut gondrong. Mengapa? Sebab rambut yang dikuncir terlalu sering, berpotensi mengalami perubahan rambut seperti, rambut menjadi lebih kering, mudah rontok, dan rapuh. Selain itu, rambut yang terus-menerus diikat juga sulit 'bernafas' dan berujung pada keseimbangan sebum yang memicu timbulnya ketombe. 

5. Pastikan mengeringkan rambut dengan cara yang tepat 

Biar Gak Lepek dan Berketombe, 5 Tips Merawat Rambutmu yang Gondrongunsplash.com/Nathan Jefferis

Perawatan rambut gondrong memang sedikit lebih rumit, seperti cara pengeringannya yang harus kamu lakukan secara hati-hati. Hindari mengeringkan rambut yang basah secara langsung dengan hair dryer. Hal tersebut dapat menyebabkan rambut rusak dan membuat rambutmu menjadi kering. Cukup keringkan rambut dengan diangin-anginkan, jangan pula menggosoknya terlalu keras dengan handuk ya, Bro!

Memiliki rambut gondrong memang butuh lebih banyak usaha untuk merawatnya. Biar gak terlihat jorok dan bikin gebetan ilfeel, pastikan kamu mencatat cara-cara di atas tadi ya, Bro! Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Merawat Rambut Gondrong Biar Tetap Kece dan Rapi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alee Shaby di IDN Times Community dengan judul 5 Perawatan Khusus Rambut Gondrong, Biar Gak Lepek dan Berketombe

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya