Comscore Tracker

Beranikan Diri, 5 Tips Meminta Maaf Setelah Melakukan Ghosting

Jangan menghilang terus ya, Guys! #IDNTimesLife

Netizen Indonesia lagi dihebohkan dengan berita Ghosting yang diduga dilakukan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep terhadap kekasihnya yang berada di Singapura, Felicia Tissue.

Menurut keterangan dari Yayasan Pulih, ghosting adalah situasi ketika seseorang memutuskan hubungan dengan menghentikan seluruh komunikasi secara tiba-tiba dan tanpa penjelasan. Dia, orang yang selama ini jadi teman komunikasi melalui gadget, hingga terjalin hubungan yang nyaman, tiba-tiba menghilang seperti hantu.

Meminta maaf atas perbuatan ghosting itulah yang sulit. Namun, kalau sudah siap untuk meminta maaf, kamu bisa lakukan tips berikut ini! Yuk simak:

1. Akui perilaku ghosting itu

Beranikan Diri, 5 Tips Meminta Maaf Setelah Melakukan Ghostingpixabay.com/Free-Photos

Saat hendak meminta maaf, akui bahwa kamu melakukan ghosting. Dilansir Guidedinsights, Nancy Settle-Murphy, Leadership Coach, menyampaikan bahwa jangan membuat alasan dan berbohong atas perbuatanmu. Mengakui perbuatanmu adalah caramu menghargai hubunganmu dengan orang lain.

2. Bertanggung jawablah atas perbuatanmu

Beranikan Diri, 5 Tips Meminta Maaf Setelah Melakukan Ghostingpixabay.com/Free-Photos

Setelah mengakui bahwa kamu salah, kamu juga harus bertanggung jawab atas perbuatan yang kamu lakukan. Kamu sudah membuatnya bertanya-tanya sehingga kamu juga harus memperbaiki dan tanggung jawab atas perbuatanmu itu.

Baca Juga: Dituduh Ghosting Felicia, 5 Klarifikasi Kaesang Pangarep

3. Jelaskan alasanmu menghilang

Beranikan Diri, 5 Tips Meminta Maaf Setelah Melakukan Ghostingpixabay.com/Anastasia Gepp

Alasanmu menghilanglah yang menyebabkan pertanyaan dalam benak orang yang kamu ghosting. Dilansir Your Tango, Dr. Wendy Lyon, Relationship Expert, menyarankan untuk mengatakan secara jujur ketakutan yang kamu rasakan sampai kamu meninggalkannya tanpa kabar.

4. Ungkapkan permintaan maaf dengan tulus

Beranikan Diri, 5 Tips Meminta Maaf Setelah Melakukan Ghostingfreepik.com/@vgstockstudio

Permintaan maaf yang tulus darimu adalah hal yang penting. Kamu tidak harus memintanya untuk menjalin hubungan seperti sebelumnya. Namun, kamu sudah memperbaiki komunikasimu dan bertanggung jawab atas perbuatanmu.

5. Terima apa pun respon yang ia berikan

Beranikan Diri, 5 Tips Meminta Maaf Setelah Melakukan Ghostingfeepik/katemangostar

Kamu tidak punya kendali atas apapun yang ia jawab. Dilansir LovePanky, kamu tentu gak suka kalau orang melakukan hal yang sama kepadamu sehingga ia berhak menolak permintaan maaf itu. Jadi, kamu harus menerima risiko atas perbuatanmu itu.

Ini dia hal yang bisa kamu lakukan untuk meminta maaf pada orang yang kamu ghosting. Jangan sampai perbuatanmu itu merusak hubunganmu dengan orang lain, ya!

Baca Juga: Keturunan Jerman, 9 Potret Mayang Pemeran Michelle di Ikatan Cinta

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya